Langsung ke konten utama

TRAVELING KEKINIAN MENGESANKAN BERSAMA OYO HOTEL


(Dokumentasi pribadi)

Traveling adalah impian semua orang, berkeliling dari satu kota ke kota yang lain, melewati perbatasan antar wilayah, provinsi, negara, bahkan benua. Dengan motor, mobil, kereta api, kapal laut, pesawat terbang, bahkan balon udara. Sendiri atau bersama keluarga, menikmati sudut kota, deburan ombak di laut, atau suara hewan liar di tengah hutan.

Ada banyak hikmah yang bisa kamu temukan dari traveling. Tak lupa untuk menghargai bahwa setiap orang memiliki preferensi gaya traveling yang berbeda antara satu sama lain. Tapi meskipun tiap-tiap orang memiliki gaya berbeda, umumnya alasannya serupa loh. Yuk langsung simak alasan mengapa kamu semua perlu banget untuk traveling.

1. Traveling mengantarkan kamu ke persepsi yang baru dan berbeda.

Dengan mengunjungi tempat baru, bertemu orang baru, dan melakukan berbagai hal baru memungkinkan kamu melihat dunia lebih luas. Kamu jadi sadar deh kalau alam semesta tidak hanya berporos pada diri sendiri.

2. Traveling adalah bentuk  menghargai diri dengan memberi jeda pada rutinitas harian.

Traveling lebih dari sekadar kesenangan saja. Ada banyak kejutan tidak terduga yang akan kamu alami. Kejutan tidak selamanya manis, beberapa kejutan memberi pelajaran terbaik untuk kamu kedepannya. Traveling membawa kamu untuk berhenti sejenak, melihat dengan sadar, dan memutuskan apakah kkamu akan tetap di irama yang selama ini dijalani atau berpindah haluan untuk menantang diri menjadi lebih baik.

3. Traveling membawa kamu untuk menemukan diri sendiri danmenyingkap sisi-sisi yang selama ini abu-abu.

Kemana kamu traveling paling jauh? Benua Amerika? Afrika? Samudra pasifik? Tidak salah kok menjawab itu semua. Tapi banyak yang mengamini loh bahwa traveling paling jauh adalah pergi menyusuri diri sendiri. Ada apa di dalam diri sendiri? Mencari tahu apakah ada kekuatan luar biasa, potensi, bahkan keterbatasan yang selama ini menempel erat pada diri kita?

4. Travelinglah untuk bisa menikmati apa yang Tuhan ciptakan di muka bumi ini.

Lihat dan sadari bahwa setiap tempat akan membawamu ke pengalaman yang berbeda, mulai dari adat dan istiadar yang unik, hidangan yang lezat,sampai kearifan lokal yang butuh dimaknai secara mendalam. Mencari kesamaan dalam setiap perbedaan yang ada yang membawa makna tersendiri yang akan membentuk diri kita sendiri.

5. Traveling mempererat hubungan kamu dengan sahabat, kekasih, ataupun keluarga.

Setiap orang yang terlibat denganmu dalam travelin, pastinya menghadirikan momen-momen terbaik. Kamu juga lebih bisa mengenal lebih dalam hubungan dengan kekasih, sahabat, dan keluarga. Bahkan tak jarang bahwa banyak orang menjadikan traveling sebagai salah satu obat yang ampuh untuk memperbaiki hubungan yang bermasalah.

6. Traveling mengantarkan kamu ke pencapaian-pencapaian baru

Memiliki mimpi yang besar menjadi mesin penggerak yang siap diajak mewujudkan impian. Sekaligus kamu menyadari bahwa ada banyak tantangan yang harus dihadapi kedepannya. Nah dengan traveling, pikiran kamu akan semakin terbuka untuk memproses kegagalan dengan tidak menghakimi diri sendiri dan menyadari bahwa hal tersebut hanyalah bagian dari perjalanan.

7. Traveling membuat kamu menjadi story teller yang natural

Berbincang bersama teman-teman ataupun kerabat pasti bosan dong kalau hanya berurusan dengan topik-topik yang itu saja bahkan terkesan merasa iri dengan pencapaian orang lain. Nah kalau kamu sering banget traveling pasti ada segudang cerita di dalam benakmu yang ingin kamu bagikan dengan mereka. Pengalaman itu mahal banget loh, tidak ada yang menjualnya dan hanya bisa dirasakan sendiri.

Mulai Travelingmu Sekarang Juga

Traveling di alam "Bumi dan langit, hutan dan ladang, danau dan sungai, gunung dan laut, adalah sekolah yang luar biasa, dan mengajar beberapa dari kita lebih dari yang dapat kita pelajari dari buku." - John Lubbock

Di tengah tren wisata futuristik dengan bangunan-bangunan canggih yang dilengkapi dengan teknologi, selfie spot yang dibuka secara massif, sayangnya membuat tren wisata alam terpinggirkan. Padahal menurut penelitian pakar kesehatan dan sain, dengan memperdalam hubungan kita dengan alam bisa meningkatkan kesehatan, suasana hati, dan kesehatan mental.

Ada beberapa tips nih yang bisa kamu terapkan untuk melakukan perjalanan di alam, simak yuk!

1. Mulai memulai dengan sesuatu yang sederhana saja

Wisata di alam selalu identik dengan perjalanan berkemah di atas pegunungan selama beberapa hari. Padahal kamu bisa traveling tanpa harus ada aturan-aturan yang mengikat dengan standar-standar masyarakat tentang petualangan.
Kamu bahkan bisa kok merasakan traveling back to nature versimu sendiri dengan berjalan di hutan kota hehe. Tapi memang lebih asik kalau kamu pergi hiking tuh bareng teman-teman.

2. Berpartisipasi dalam program ekologi atau kegiatan volunteer yang bertema lingkungan

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Wah ada banyak banget tuh komunitas-komunitas lokal ataupun non lokal yang selalu mengkampanyekan untuk selalu peduli dengan alam. Asik bangetkan kalau ikut kegiatan penanaman pohon sambil dapat nilai edukasi yang. Nah dengan mengikuti program seperti ini kamu bisa terhubung lebih dalem  dengan alam loh!

3.  Meniatkan diri untuk bisa berlatih ketenangan di alam.

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Alam adalah guru yang luar biasa, dia mengajarkanmu banyak hal, tak terbatas. Dengan melakukan perjalanan di alam kamu bisa mencoba untuk hidup lebih mindfulness. Ada artikel dari Boston Globe tahun 2009 yang melakukan riset dan menunjukkan kalau pasien di rumah sakit pulih lebih cepat ketika mereka bisa melihat pohon dari jendela mereka dan bahwa orang yang tinggal di perumahahan umum lebih mampus fokus keruka ruangan mereka menghadap ke halaman berumput daripada beton. Sekilas para ilmuan ini memberikan pandangan bahwa alam lebih meningkatkan kinerja otak dengan memberikan otak lingkungan yang natural.

4. Kamu bisa Berkunjung dan Berpetualang ke Taman Nasional

Berjelajah di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) / Jungle Treking

Hal apa sih yang terlintas di kepalamu ketika mendengar nama Taman Nasional Gunung Leuser? Kawasan perlindungan orang hutan? atau tempat mencari bule-bule untuk mata pelajaran bahasa inggris bagi para pelajar?

Nah kawasan TNGL ini pernah menjadi pusat rehabilitasi orang hutan oleh frankfurd zoological society. Terletak di antara dua provinsi loh yaitu Aceh dan Sumatera utara. Karena saya tinggal di kota Medan, jadi memilih ke sana melalui yang terdekat saja, yaitu Bukit Lawang.

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Penjelajahan ini dilakukan di bulan November 2019. Ada 7 orang yang tergabung di dalam tim dan ditemani 2 orang pemandu. Semakin menjelajah ke dalam hutan maka akan banyak tumbuhan dan satwa langka yang bisa ditemukan. Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser ini  didiami oleh Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Gajah Sumatera, Beruang Madu, Musang, Siamang, Ajag, dan Rangkong Papan.

Ada banyak cerita menarik yang disampaikan oleh pemandu dalam perjalanan menjelahi hutan. Bahkan membuat saya menyadari bahwa wisata alam belum banyak digemari oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Apalagi kawasan konservasi alam. Sedari pintu gerbang, sejauh mata memandang yang dilihat hanyalah segerombolan para turis mancanegara yang memiliki misi bertemu dengan orang utan.

Perlu kamu ketahui bahwa kawasan TNGL via Bukit Lawang ini sedang berbenah. Akses infrastruktur jalan mulai lancar dan masyarakat setempat yang sudah diedukasi dalam hal pengetahuan pariwisata dan berbahasa asing untuk menyambut turis mancanegara.

Tujuan saya memasuki TNGL adalah mencari orang utan yang bernama "Jantan Besar". Alasannya dinamakan begitu karena ia merupakan orang utan paling besar yang pernah dirawat di pusat konservasi sebelum ditutup. Sayang sekali waktu menjelajah selama seharian penuh tidak berhasil membawa saya untuk berjumpa dengannya.

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Ada beberapa fakta tentang orang utan yang harus kamu ketahui nih, yaitu:

  • Orang utan hanya tinggal di pulau-pulau Asia Tenggara, yaitu di Kalimantan dan Sumatera Utara. Kedua wilayah tersebut merupakan bagian dari Indonesia.
  • Orang utan berasal dari bahasa melau yang secara harafiah berarti "manusia dari hutan"
  • Hampir 97 persen DNA manusia mirip dengan orang utan.
  • Orang utan merupakan hewan penyendiri dan tidak berkelompok. 
  • Orang utan menjadikan sarangnya sebagai rumah terbaik dan sangat jarang turun ke tanah.
  • Populasi orang utan berkurang sebanyak 25 ekor setiap hari akibat habitat mereka yang hancur.
  • Orang utan betina merawat anaknya sendiri tanpa ditemani orang utan jantan.

Hampir rata-rata para wisatawan yang melakukan treking mencari keberadannya. Dia sangat primadona di hutan ini. Namun, menurut guide yang mendampingi tidak semua wisatawan bisa beruntung menemukannya. Selain tempat tinggal yang nomaden, hewan ini juga sangat pemalu.
Kontur tanah TNGL sangat tidak beraturan, sesekali kamu harus berjalan menanjak dan kemudian melangkah menurun. Apalagi kalau saat itu sedang di musim hujan, maka kamu harus ekstra hati-hati.

Dalam perjalanan hari itu, sesekali saya bertemu dengan kelompok lain yang memiliki tujuan sama yaitu melihat orang utan Jantan Besar. Bercengkerama. Wisatawan mancanegara yang mendomimasi adalah turis Belanda dan Kanada. Terlebih ketika mereka sedang liburan musim panas.

Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa saran nih untuk para pendaki yang baru pertama kali mendaki, yaitu:

1. Pakailah celana bahan yang bisa menyerap keringat dan kenakan baju berbahan dingin agar tidak gerah. Siapkan juga jaket atau baju hangat bila bermalam di sana.

2. Menggunakan sepatu khusus mendaki ya, paling tidak menutupi semua bagian kakimu. Karena ada banyak rumput-rumput liar yang bisa saja melukai kakimu.

3. Jangan membawa barang yang tidak penting juga karena itu akan memberatkan langkahmu.

4. Membawa cadangan air yang cukup.

Selain dalam misi mencari orang hutan, ternyata saya menemukan sisi lain dari diriku. Saya baru menyadari bahwa bumi indonesia ini indah sekali. Terus kenapa sih kita sering kali pura-pura tidak tahu dan cenderung mengabaikan potensi wisata yang besar ini. Bagi saya arti dari traveling adalah ketika saya bisa menikmati kearifan local, berbincang dengan masyarakat setempat, mempelajari budaya mereka, dan terlibat dalam aktivitas sehari-hari mereka. Apa arti traveling menurut kamu?

Menyusuri sungai dengan river tubbing setelah seharian mendaki

Meskipun hari itu saya dan teman-teman tidak beruntung karena gagal menemukan orang utan Jantan Besar tidak membuat kami dipenuhi dengan kesedihan mendalam. Sebagai penutup perjalanan, sampailah saya di tepi sungai di mana banyak banget monyet-monyet yang sedang berkumpul.

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Meskipun terlihat lucu, kamu dilarang mendekatkan diri ke monyet-monyet tersebut ya, karena bisa saja mereka melukai kita. Sangat penting untuk menjaga jarak. Aktivitas river tubbing di bukit lawang dilakukan dengan ban-ban karet yang disimpul menjadi satu panjang ke belakang. Barang-barang yang anti air seperti sepatu hp, camera dipisahkan ke dalam plastik khusus. Bagi kamu yang tidak bisa berenang disediakan safety jacket.

Arus sungai bahorok ini kencang sekali. Di sinilah petualangan dimulai. Dilakukan dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang rendah, dengan arus air yang lumayan mengalir deras. Adrenalin pun berpacu dan mengeluarkan teriakan-teriakan yang mengekspreksikan keseruan. River tubing terasa sangat seru karena sebagai hadiah dari perjalanan mencari hutan di TNGL yang lumayan melelahkan dan menguras tenaga hari itu.

Menikmati sajian makan malam di Goa Cave

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)
 Bukit lawang memiliki banyak goa menarik untuk dikunjungi. Bahkan ada satu goa yang sudah diubah menjadi sebuah cafĂ© bar. Nuansa di dalam sangat seru. Apalagi dengan sajian makan malam yang lezat dan diiringi dengan dentuman musik santai yang enak didengar.

Melakukan perjalanan ke Landak River

Masih berada di kawasan TNGL, saya mengunjungi dan bermain air di Sungai Landak. Tempat ini bisa dijangkau dengan jalan kaki atau kendaraan beroda dua Sepanjang perjalananan menuju ke sanam saya melihat hamparan pemandangan yang hijau dan sesekali mendengar suara binatang bersaut-sautan.

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Disarankan mengunjungi sungai ini di hari minggu ya, karena di sana ada pekan khusus bernama pekan sungai landak. Pekan ini memiliki mata uang khusus. Untuk bisa melakukan transaksi di pekan ini tukarkan uangmu dengan uang kayu milik Pekan Sungai Landak.

Pekan ini digagas oleh masyarakat setempat yang berniat untuk memberdayakan masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan di akhir pekan. Makanan yang dijual di sini tidak mengandung pengawet apapun sehingga rasanya sangat lezat dan gurih. Selain itu tidak memperbolehkan siapapun baik penjual ataupun pembeli untuk menggunakan plastik, sebagai gantinya ada banyak alas makanan terbuat dari bambu.

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Saya memilih meminum es kelapa dengan memakan beberapa gorengan sambil duduk di atas kursi di tepi  sungai. Banyak juga pengunjung lain yang menikmati bermain air di sungai tersebut. Temukan cara bersenang-senang versimu deh!

Menikmati sajian makan siang di restoran bambu

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Tempat ini adalah ikon Bukit Lawang. Sebuah Restauran yang terbuat dari bambu-bambu pilihan yang terbaik. Saya berdecak kagum berulangkali mengamati dan menyentuh karya arsitektur yang luar biasa ini. Restauran dua lantai dengan rancangan dan eksekusi yang sempurna. Saya menikmati sajian makan siang sambil mendengar deru air sungai yang mengalir deras. Membuat hari itu menjadi kian menyenangkan

5. Kamu harus bijak memilih penginapan yang  proper dengan harga terjangkau

Bagi saya akomodasi menjadi bagian terpenting supaya perjalanan menjadi menyenangkan. Meskipun hanya terkesan seperti menumpang tidur doing karena lebih banyak menghabiskan waktu outdoor, bukan berarti komodasi bisa dipilih secara sembarangan. Ada beberapa tips untuk kamu dalam memilih akomodasi, yaitu:

(Sumber: internet/booking.com)

  • Pilihlah akomodasi yang sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Tidak perlu dipaksakan untuk memilih penginapan yang fancy. Utamakan penginapan dengan harga terjangkau dan menawarkan banyak promo menarik.
  • Memilih lokasi yang tepat dan mudah dijangkau dengankendaraan umum.
  • Kenyamanan dan pelayanan adalah hal yang sangat penting. Luangkan waktu untuk membaca review positif dari para tamu sebelumnya. Berdasarkan pertimbangan di atas, saya menjatuhkan pilihan akomodasi kepada OYO Hotel.

Sekilas tentang OYO Hotel



OYO adalah kepanjangan dari On Your Own yang dikenal sebagai layanan hotel dengan harga murah. Pada awalnya OYO berdiri di India dan kini sudah menyebar di seluruh provinsi Indonesia. Jaringan hotel ini termasuk yang terbesar ke 3 di dunia dan pertama di Indonesia loh.

Perusahaan dengan pertumbuhan jaringan hotel tercepat di dunia ini diluncurkan oleh Ritesh Agarwal, pada tahun 2013 ketika usianya masih 20 tahun. Sungguh sebuah ide dan eksekusi yang luar biasa kreatif, inovatif, dan visioner melihat arah perubahan teknologi ke depan yah.

Layanan OYO juga tersedia dalam aplikasi yang mencakup lokasi OYO di seluruh dunia loh. Seperti India, Nepal, China, Uni Emirat Arab, Malaysia, Indonesia dan akan memperluas jaringannya sampai ke Amerika, Inggris, Brazil, dan belahan dunia lainnya di tahun 2010. Meskipun harganya cukup terjangkau, tamu hotel tetap mendapatkan layanan fasilitas memadai seperti layaknya kamar hotel biasa.

Dilansir dari wikipedia OYO Rooms, ada beberapa produk dan layanan yang ditawarkan untuk menarik para tamu loh. Mau tahu apa saja? Simak yuk!

1. OYO Townhouse, dikhususkan untukpara milenial yang menginginkan akomodasi dengan kualitas dan kuantitas yang premium.

2. OYO Home, kalau yang ini meniru manajemen rumah di perdesaan India yang menawarkan hunian pribadi sebagai tempat tinggal. Wah bisa ngerasain life a  local banget nih.

3. OYO Vacation, nah OYO Vacation bekerja sama dengan beberapa perusahaan travel wisata di beberapa negara tertentu.

4. Silverkey, khusus untuk melayani para traveler bisnis dalam jangka waktu pendek ataupun panjang.

5. Palette, bagi kamu yang senang banget sama staycation wajib cobain layanan yang satu ini.

6. Collection O ini masuk ke dalam kategori baru loh, untuk para pelancong perusahaan.

7. OYO Life untuk kamu milenial dan profesional mudah yang ingin mencari rumah dengan waktu jangka panjang dan harganya tidak buat kantong teriak.

Mengapa harus OYO?

Kamu pasti berpikirkan, kenapa sih harus menggunakan akomodasi di OYO Hotel, kan banyak hotel-hotel lainnya. Eh tapi tungu dulu, baca alasan ini yuk kenapa kamu harus cobain menginap di OYO?

1. OYO menjadikan keselamatan, kenyamanan, dan pengalaman tamu yang mengesankan menjadi prioritas di masa depan.

OYO berkomitmen untuk  menghadirkan permintaan para traveler di seluruh dunia yang selama ini menginginkan hotel dengan lokasi strategis, pelayanan kualitas, dan harga yang terjangkau. OYO juga memastikan bahwa standar layanan yang para pengunjungnya dapatkan tidak melenceng dari kualitas standar layanan di industri perhotelan.

2. OYO memiliki fitur SOS untuk meningkatkan keselamatan tamu.

OYO memanfaatkan teknologi dengan sangat baik, salah satunya dengan memperkenalkan fitur keselamatan dalam aplikasi. Hal ini merupakan inovasi yang pertama dalam industri perhotelan.'Jadi apabila pengunjung mengalami situasi darurat maka alan mendapatkan penanganan bantuan keselamatan segera dari otoritas setempat. Ini berlaku 24 x 7. Fitur ini akan diimplementasikan secara bertahap ya.

Bagaimana cara kerja fiturnya yah?

1. Mengetuk fitur tombol SOS dan akan mendapatkan tanggapan dari Tim Respons Keselamatan dengan data tamu, pemesanan, lokasi, dan rincian kontak darurat.

2. Tamu diminta dua opsi, untuk menghubungi Tim Respons Keselamatan OYO atau menghubungi polisi setempat.

3. Bila kasusnya tamu ingin langsung berhubung dengan polisi, maka keaadan kondisi tamu juga langsung dikirim ke Tim Respons Keselanaran

4. Setelah Tim Respons Keselamatan menerima informasi, kasus langsung diinformasikan ke otoritas terkait dengan SOP standar. Waktu responnya adalah tiga menit.

3. OYO memiliki segudang promosi!

Ada beragam promosi penawaran yang menarik dari OYO hadir. Bahkan promosinya besar-besaranloh. Perhatikan deh, di momen-momen tertentu atau bekerja sama dengan perusahaan transportasi. Promonya mulai dari 30 persen sampai 90 persen loh! Yuk selalu updare dengan kode promo terbaru.

4. OYO memiliki perlindungan asuransi gratis untuk pertama kalinya

Fokus utama OYO adalah mengutamakan pelanggan. Itu sebabnya OYO akan sangat totalitas untuk membuat para tamu OYO menjadi nyaman. Salah satunya dengan mengumumkan asuransi gratis pertama untuk para tamu. Ada banyak paket asuransi yang ditawarkan. Mulai dari perlindungan terhadap kematiam akan kecelakaan, kehilamgan bagasi, biaya pengobatan tidak disengaja, dsb. Saat ini perlindungan asuransi ini masih berlaku di India saja yah, semoga selekasnya ada di Indonesia.
Bagaimana Cara Memesan OYO?

Pertama kamu harus mengunduh aplikasi OYO dari play store dan mendaftarkan akunmu.
Kemudian, setelah terdaftar langsung saja tap kolom pencarian di menu tama.
Selanjutnya ketik nama kota yang hendak kamu tuju. Contohnya saya memilih Bukit Lawang. Lalu keluarlah beberapa pilihan hotel yang ada di sana.
Pilihlah hotel yang sesuai dengan kemauanmu. Tentukan tanggal berapa kamu akan chek in dan tap tombol Book Now.
Isi rincian lebih lengkap, termasuk di dalamnya kupon diskon otomatis. Dan pilih Book Room.
Kamu akan menerima konfirmasi pemesanan dan segera lakukan pembayaran dengan memilih fitur Pay now for quick and smooth check in.
Konfirmasi pemesanan akan masuk ke email kamu berisi informasi kode booking. Mudah banget kan?

Mempercayakan akomodasi ke OYO Hotel untuk petualangan di Bukit Lawang

Alam adalah tempat terbaik untuk berguru dan OYO Hotel adalah tempat yang nyaman untuk mempercayakan akomodasi travelingmu. Ada beberapa pilihan OYO Hotel di Bukit Lawang, yaitu: OYO 2410 INTAN HOTEL dan MULIA TIZA. Hotel-hotel tersebut sangat mudah ditemukan karena terletak di lokasi yang strategis dan dilengkapi dengan plang besar bewarna merah cerah membuatnya menjadi pusat perhatian.

Traveling adalah cara untuk kita bisa menghargai hal apapun yang diberikan alam. Sebuah perjalanan yang membuat kita menemukan arti hidup sebenarnya. Mengizinkan diri untuk berkomunikasi dengan semesta dan membersihkan jiwa yang selama ini hanya dipenuhi tentang kekhawatiran. Biarkan traveling mengubahmu menjadi versi yang lebih baik.

Sekali lagi, traveling adalah tentang bagaimana kita menghargai kehidupan, menghargai waktu, menikmati momen-momen istimewa, menantang batasan, menaklukan diri, memanjakan diri, merawat ingatan, membuktikan impian, dan merayakan pencapaian.

STAYCATION DENGAN OYO DI KOTA MEDAN

Sekali-kali boleh dong saya mencoba untuk menikmati staycation di kota saya untuk melepaskan kepenatan sejenak. Apalagi sebagai seorang penulis saya membutuhkan banyak inspirasi untuk melihat berbagai hal dari sudut pandang yang berbeda.

Saya pilih OYO 279 DeliHomestay deh karena tidak terlalu jauh dari kantor dan shopping mal. Ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati loh seperti wifi gratis, dapur fungsional, pilihan tempat tidur yang beragam mulai dari single, queen size, dan king size. Butuh banget nih untuk suasana baru biar lebih ada warna baru gitu dalam karya saya.

Jangan lupa untuk menyertakan OYO dalam perubahan dirimu menjadi versi yang terbaik ya! Bersama OYO membuat perubahan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waktu Indonesia Bagian Hidup Sehat Bersama SEGARI

"Kapan yah pandemi ini usai?" Apakah pertanyaan ini pernah terlintas di kepalamu? Saya yakin kita semua pernah. Namun faktanya, smpai saat ini belum ada satupun ahli yang bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan pasti. Tanpa harus menurunkan level kepatuhan terhadap pratokol kesehatan, setidaknya kita bisa bernafas sejenak karena menurut WHO terjadi penurunan kasus positif COVID-19 hingga 77 persen dalam enam pekan terakhir. Selain itu, angka kematian rata-rata masyarakat di seluruh dunia juga sudah turun sebanyak 20 persen. Tak lupa, saat ini program Vaksinasi Nasional dari Kemenkes RI sedang berlangsung dan diharapkan bisa tersebar merata di seluruh lapisan masyarakat. Alih-alih cemas berlebihan, yuk kita lakukan sesuatu untuk melindungi diri sendiri dan keluarga. Caranya gampang banget. Mulai dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan WHO, seperti mencuci tangan dengan benar, memakai masker, tidak menyentuh wajah, menjaga jarak dengan orang lain, dan bila mem

Tempat baru yang mengesankan dan kesenjangan yang luput dari penglihatan

Setelah satu bulanan tinggal di tempat baru, aku mulai berkeliling ke tempat yang satu dan yang lainnya. Biasanya di akhir pekan, aku lebih sering pergi ke Lulu Mart (hypermarket), Giant (toko swalayan), atau Aeon Mall untuk berbelanja bahan belanja selama satu minggu kedepan. Baru sekali saja aku pergi ke Cisauk, tempat di mana stasiun KRL terdekat berada dan Pasar Modern. Besok pagi, aku akan mencoba merasakan suasana berbelanja di sana. Tidak belanja banyak karena sebagian bahan belanja sudah dibeli sore tadi. Aku menemukan tempat belanja "hidden gem" di kawasan perkampungan. Murah sekali. Tentu saja ini akan menjadi pertimbanganku selanjutnya untuk rutin berbelanja di tempat tersebut. "Bang, tempat ini hidden gem! Keluar uangnya segini doang dapatnya banyak banget" ucapku antusias. "Memang. Dari kemarin diajak keluar gak pernah mau. Kalau di kawasan perkampungan semuanya ada, warung, toko buah, jajanan gerobak, nasi padang sepuluh ribuan. Bedakan? Mangkany

Sebelum Dua Pekan.

  Aku yakinkan diri ini berulangkali sebelum berbicara kepada kedua orang tua. Ini bukan sebuah keputusan yang mudah.  Aku tahu, ada banyak rangkaian masalah yang akan menanti aku setelah gerbang perjalanan ini. Namun, pilihannya apakah aku bisa melihatnya sebagai sebuah halangan atau tantangan. “Bunda, mbak menikah boleh ga?” “Iya boleh selesai wisuda ya.” “Kan udah pernah wisuda, kuliah mbak udah siap juga tinggal wisuda doang…” “Kenapa mbak tiba-tiba ingin cepat nikah?” “Engga cepat juga sih, kakak kan udah kelar kuliah bahkan udah kerja juga..” “Emangnya, Hendra udah mau lamar mbak?” “Iya, kalau diizinin.” “Nanti bunda bilang sama ayah dulu.” Hendra adalah nama pria yang menjadi pasanganku satu tahun terakhir. Aku mengingat percakapan sekilas di malam itu. Mengapa hal ini ingin aku segerakan? Mengingat aku berencana menikah dengan dia di pertengahan tahun 2022. Bukan di awal 2021. Aku dan Hendra sudah menjalin hubungan romansa selama satu tahun terakhir. Kami