Langsung ke konten utama

5 Tips Bijak Mengatur Keuangan Ini Bisa Buat Kamu Traveling dan Shopping Sekaligus


(Sumber gambar: dokumentasi pribadi)


Traveling tak hanya keistimewaan yang dimiliki oleh para kaum pria saja. Saat ini, para kaum hawa pun bisa bebas ber-traveling ria ke mana saja tanpa hambatan apa pun. Sambil menyelam dan minum air adalah pepatah kuno yang bisa dilekatkan dengan para perempuan, kenapa? Karena biasanya traveling belum lengkap bila tak berbelanja mulai dari pakaian, tas, gadget, bahkan skincare. Untuk itu para perempuan diharuskan bijak dalam mengelola keuangannya.

Mengelola keuangan adalah hal paling dasar yang harus dimiliki setiap individu supaya lebih bijak dalam memutuskan hal-hal penting di kehidupannya. Lucky to girls, didukung sebuah penelitian dari Lincoln Financial Group yang membahas bahwa perempuan bisa mengatur keuangan dibanding pria dan disusun dalam laporan“The Special Report: M.O.O.D (Measuring Optimism, Outlook, and Direction) of America on Employee Benefits”.

Nah, bagaimana cara yang tepat untuk mengelola keuangan dengan bijak supaya keinginan untuk traveling dan berbelanja bisa diakomodir dengan baik?

1. Buatlah 2 akun rekening yang berbeda supaya pengeluaran kamu bisa terlacak dengan mudah.

Dengan memiliki 2 akun rekening, kamu bisa menggunakan rekening yang satu untuk pengeluaran sehari-hari dan rekening yang lainnya khusus untuk tabungan dana darurat. Kamu juga diharuskan untuk melakukan pencatatan setiap pengeluaranmu supaya kamu mengetahui dan menyadari ke mana uangmu dihabiskan. Tentunya selama ini kamu pasti bertanyakan ke mana uangmu berlari.

2.     Buat pos anggaran yang berisi pengeluaran wajib, pokok, dan tersier.

Anggaran keuangan akan membantu kamu untuk mewujudkan impianmu untuk membeli hal apa pun yang kamu inginkan, seperti rumah, mobil, rencana berbelanja, dan rencana berlibur. Dengan adanya anggaran keuangan, kamu bisa memetakan pos-pos pengeluaranmu dan mengevaluasi pengeluaranmu apakah produktif atau tidak.

Sederhananya, alokasi anggaran keuangan fokus terhadap 3 bagian, yaitu 50 persen untuk konsumsi sehari-hari, 30 persen untuk kebutuhan tersier kamu, dan 20 persen untuk investasi jangka panjang.

3. Carilah tambahan pendapatan dengan memanfaatkan skill yang kamu miliki.

Saat ini bekerja tidak harus terikat pada waktu dan tempat. Di sela-sela waktu luang kamu bekerja atau bersekolah, daripada menghabiskannya untuk kegiatan tidak produktif seperti berselancar di media sosial dan merasa rendah diri setelahnya, lebih baik kamu memaanfatkan internet untuk berselancar mencari pekerjaan tambahan di situs-situs freelancer kan? Atau mulai mengisi chanel youtube dengan konten-kontenmu bernyanyi dan meng-cover lagu? Seru banget kan!

4. Komitmen dan kosisten dengan anggaran keuangan yang sudah kamu rencanakan.

Bagian ini memang sangat sulit di awal tapi cukup worth it pada akhirnya. Yang harus kamu lakukan adalah mendisiplinkan dirimu sendiri dan mengingat-ingat apa tujuanmu sebenarnya menyimpan uang. Semua orang pasti ingin segera “financial independent” tapi seberapa banyak orang yang bersedia melakukan perjalanan menuju ke sana? Pastikan, bahwa kamu adalah orang tersebut.

5. Manfaatkan keuntungan-keuntungan berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan menjadi member Watsons.

(Sumber gambar: dokumentasi pribadi)

Pasti kamu berpikir, bagaimana relevansinya dengan menjadi member di Watsons kamu bisa mengelola keuangan dengan bijaksana?

Sebagai perempuan, tentu kita memiliki budget khusus untuk alokasi kebutuhan pribadi. Mulai dari skincare hingga produk-produk treatment lainnya. Kalau tidak diatur, bisa-bisa 50 persen dari penghasilanmu habis untuk pengeluaran yang satu ini. Lalu mendadak meringis meratapi pengeluaran kebutuhan-kebutuhan yang lain. Ditambah target traveling sebagai bentuk reward untuk diri sendiri pun hanya tinggal angan-angan.

Jadi, penting untuk kamu mencari tahu drugstore mana sih yang banyak promonya! Dan, Watsons adalah jawabannya.

Watsons adalah drugstore terkemuka di Asia yang sangat fokus pada produk kesehatan dan kecantikan. Saat ini ada 3500 toko ritel dan 900 toko ritel farmasi yang melalang buana dari pasar Asia sampai dengan pasar Eropa. Mulai dari China, Hongkong, Taiwan, Makau, Korea, Singapura, Thailand, Malaysia, Turki, Ukrania, hingga Indonesia.

Di tanah air saja, sudah ada 80 toko yang tersebar di seluruh Indonesia. Di toko offlinenya, kamu bisa menemukan counter #makeup, #skincare, #haircare, #vitamins & supplements, #toiletries, #confectionery, #pharmacy, dan #beverages.

(Sumber gambar: dokumentasi pribadi)

Pertama kali memasuki Watsons, kurang lebih sekitar 3 bulan lalu ketika sedang makan siang bersama rekan-rekan kantor di salah satu Mall kota Medan. Sepertinya toko ini baru saja buka karena terlihat sekumpulan staf sedang berfoto di depan counter. Saat itu dengan pelayanan ramah, salah satu stafnya menawarkan mampir karena ada banyak sekali diskon yang tersedia. Kebetulan, ketika itu baru saja payday yang berarti ini adalah waktunya untuk membeli beberapa kebutuhan pribadi seperti handbody, shampoo, body wash, parfum, facial wash, toner, serum wajah, liptint, dan printilan perempuan lainnya.

(Sumber foto: dokumentasi pribadi)

Sebagai pecinta diskon, saya hampir saja kalap berbelanja dan tidak melihat harga setiap item yang saya ambil. Sampai di kasir untuk membayar, ternyata setiap item di diskon mulai dari 10 persen sampai 20 persen. Wah, senangnya saat itu.

Budget yang sudah saya alokasikan sebesar Rp. 500.000,- untuk membeli kebutuhan pribadi, ternyata masih bersisa sekitar Rp. 100.000,-. Ingin tahu hack and tricknya? Biasanya setiap item kebutuhan perempuan tidak habis setiap bulan, jadi saya hanya membeli kebutuhan-kebutuhan yang sudah habis saja. Selain itu ditambah diskon yang diberikan oleh Watsons, tentu akan semakin menghemat budget kan? Jangan lupa juga buat membernya.

Sejak awal tahun 2018 fasilitas member Watsons sudah diluncurkan di Indonesia. Membuat member di Watsons sangat mudah loh. Kamu tinggal meminta saja kepada cashier staffnya dan isi beberapa data diri seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, email, dan nomot telfon. Setelah itu, jadi deh member kamu yang bisa kamu pergunakan setiap berbelanja di Watsons. Oh iya, kamu akan dikenakan biaya Rp. 25.000,00-

(Sumber foto: dokumentasi pribadi)


Apa saja benefit yang bisa kamu rasakan sebagai member Watsons?

(Sumber gambar: dokumentasi pribadi)

1.     Kamu akan mendapatkan welcome voucher senilai Rp. 250.000,- yang bisa kamu gunakan saat itu juga. Mulai dari vouche produk Emina, Wardah, Revlon, Maybeline, Cetaphil, Makeover, Dove, Rene Furteret, Nature’s Health, dan Wellnes.

2.     Kamu akan mendapatkan 1 poin untuk setiap pembelanjaan dengan nominal Rp. 20.000,-

3.     Kamu mendapatkan harga khusus untuk produk-produk tertentu.

4.     Kamu mendapatkan tambahan poin untuk setiap produk baru.

5.     Hadiah spesial dari Watsons ketika kamu berulang tahun.

6.     Ada tambahan poin spesial untuk produk-produk tertentu yang bisa kamu nikmati.

7.     Ada tambahan poin dua kali lipat untuk sepat produk dari brand Watsons.

8.     Berlaku seumur hidup dan bisa digunakan di Watsons China, Hongkong, Macau, Taiwan, Singapore, Malaysia, Thailand, dan Indonesia karena bersifat One Pass.

Watsons One Pass

(Sumber gambar: kompetisiblogwatsons.com)

Program ini adalah program yang digagas mulai dari 12 Agustus 2018 untuk kamu para pemegang member Watsons, yang bisa digunakan di 7 destinasi negara lain selain Indonesia. Negara tersebut yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Makau, Hongkong, China, dan Taiwan. Hal ini didasari karena 
Watsons ingin menjangkau seluruh masyarakat Indonesia yang sering plesiran ke luar negeri.

Jadi, dengan member yang sama, kamu tetap bisa mendapatkan poin, promosi menarik, dan program khusus dari merchant tertentu.

Cara menggunakannya juga mudah, kamu hanya perlu membawa kartu member Watsons yang versi cetak atau versi virtual di gerai Watsons di 7 destinasi tersebut dan langsung saja nikmati beragam promo spesial dan keuntungannya.

Mengunjungi Singapura Bersama Watsons

(Sumber gambar: google images)

Singapura adalah negara dengan lokasi geografis yang cukup dekat dari Indonesia, khususnya pulau Sumatera Utara. Dikenal sebagai negara yang disiplin, bersih, dan teratur. Negara ini masuk ke dalam list negara pertama yang ingin saya kunjungi di tahun depan. Mengapa menunggu tahun depan? Jawaban singkatnya cuti saya habis. Lagi pula, saya sudah mengalokasikan dana deposito yang akan jatuh tempo di bulan Maret tahun 2020. Jadi, selain ada tambahan dana untuk berlibur dan berbelanja di Watsons dong.

Ada beberapa tipe orang yang berlibur, yang pertama yang akan menghabiskan seluruh tabungannya, yang kedua yang mengalokasikan dana liburan, dan yang ketiga mencari lomba yang menghadiahkan trip gratis. Saya adalah tipe kedua dan ketiga.

Merlion Park sebagai landmark wajib yang harus dikunjungi, Marina Bay Sands tempat syuting film Crazy Rich Asian yang melanda Indonesia tahun lalu, Esplanade yang berbentuk unik seperti buah durian, Haji Lane sebagai tempar mural-mural keren, dan berbagai tempat lainnya yang sangat menarik perhatian saya.

Untuk budget traveling ke Singapura, saya membagikannya ke dalam beberapa pos pengeluaran. Seperti pos transportasi pesawat terbang dan trasportasi selama berada di sana, pos untuk penginapan, pos untuk membayar biaya retribusi tempat wisata berbayar, pos paket internet, dan pos untuk membeli oleh-oleh untuk diri sendiri dan keluarga. Ketika semua sudah direncanakan dengan baik maka perjalanan pun terasa sangat menyenangkan kan. Jangan sampai, sepulang dari liburan malah terjebak hutang sana-sini.

Kesimpulan

Mengelola keuangan dengan bijak adalah salah satu syarat untuk mempermudah kamu menuju kebebasan finansial. Apalagi sebagai generasi milenial yang selalu diterpa isu tidak bisa mengatur keuangan karena tidak bisa membagi mana pos keuangan yang penting dan mana yang tidak penting.
Hal yang perlu kamu ingat adalah ketika penghasilanmu naik maka perbesar tabungan dan investasimu. Bukan, malah menaikkan gaya hidupmu.

Jangan lupa untuk menjadi perempuan cerdas dengan memanfatkaan banyak keuntungan dan promo menarik dari Watsons ya!


#JadiMemberPastiUntung 
#WatsonsOnePass
#Kemanapun kamu pergi jadi member pasti untung!

Komentar

  1. Wah tips nya menarik sekali, saya mau coba terapkan ah pas lagi jalan-jalan ke luar negeri

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waktu Indonesia Bagian Hidup Sehat Bersama SEGARI

"Kapan yah pandemi ini usai?" Apakah pertanyaan ini pernah terlintas di kepalamu? Saya yakin kita semua pernah. Namun faktanya, smpai saat ini belum ada satupun ahli yang bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan pasti. Tanpa harus menurunkan level kepatuhan terhadap pratokol kesehatan, setidaknya kita bisa bernafas sejenak karena menurut WHO terjadi penurunan kasus positif COVID-19 hingga 77 persen dalam enam pekan terakhir. Selain itu, angka kematian rata-rata masyarakat di seluruh dunia juga sudah turun sebanyak 20 persen. Tak lupa, saat ini program Vaksinasi Nasional dari Kemenkes RI sedang berlangsung dan diharapkan bisa tersebar merata di seluruh lapisan masyarakat. Alih-alih cemas berlebihan, yuk kita lakukan sesuatu untuk melindungi diri sendiri dan keluarga. Caranya gampang banget. Mulai dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan WHO, seperti mencuci tangan dengan benar, memakai masker, tidak menyentuh wajah, menjaga jarak dengan orang lain, dan bila mem

Tempat baru yang mengesankan dan kesenjangan yang luput dari penglihatan

Setelah satu bulanan tinggal di tempat baru, aku mulai berkeliling ke tempat yang satu dan yang lainnya. Biasanya di akhir pekan, aku lebih sering pergi ke Lulu Mart (hypermarket), Giant (toko swalayan), atau Aeon Mall untuk berbelanja bahan belanja selama satu minggu kedepan. Baru sekali saja aku pergi ke Cisauk, tempat di mana stasiun KRL terdekat berada dan Pasar Modern. Besok pagi, aku akan mencoba merasakan suasana berbelanja di sana. Tidak belanja banyak karena sebagian bahan belanja sudah dibeli sore tadi. Aku menemukan tempat belanja "hidden gem" di kawasan perkampungan. Murah sekali. Tentu saja ini akan menjadi pertimbanganku selanjutnya untuk rutin berbelanja di tempat tersebut. "Bang, tempat ini hidden gem! Keluar uangnya segini doang dapatnya banyak banget" ucapku antusias. "Memang. Dari kemarin diajak keluar gak pernah mau. Kalau di kawasan perkampungan semuanya ada, warung, toko buah, jajanan gerobak, nasi padang sepuluh ribuan. Bedakan? Mangkany

Sebelum Dua Pekan.

  Aku yakinkan diri ini berulangkali sebelum berbicara kepada kedua orang tua. Ini bukan sebuah keputusan yang mudah.  Aku tahu, ada banyak rangkaian masalah yang akan menanti aku setelah gerbang perjalanan ini. Namun, pilihannya apakah aku bisa melihatnya sebagai sebuah halangan atau tantangan. “Bunda, mbak menikah boleh ga?” “Iya boleh selesai wisuda ya.” “Kan udah pernah wisuda, kuliah mbak udah siap juga tinggal wisuda doang…” “Kenapa mbak tiba-tiba ingin cepat nikah?” “Engga cepat juga sih, kakak kan udah kelar kuliah bahkan udah kerja juga..” “Emangnya, Hendra udah mau lamar mbak?” “Iya, kalau diizinin.” “Nanti bunda bilang sama ayah dulu.” Hendra adalah nama pria yang menjadi pasanganku satu tahun terakhir. Aku mengingat percakapan sekilas di malam itu. Mengapa hal ini ingin aku segerakan? Mengingat aku berencana menikah dengan dia di pertengahan tahun 2022. Bukan di awal 2021. Aku dan Hendra sudah menjalin hubungan romansa selama satu tahun terakhir. Kami