Langsung ke konten utama

Taklukkan Klien Freelancermu dengan The World Smallest Colourful Notebook yang Memukau


Ada sebuah stigma yang berkembang di masyarakat sedari dulu, yaitu seseorang baru dianggap bekerja bila ia pergi ke kantor pukul 8 pagi dan kembali ke rumah pukul 5 sore. Namun sayangnya, ungkapan tersebut sudah tidak berlaku lagi khususnya bagi para generasi milenial. Mereka memberi pemahaman kepada khalayak luas, mengkampanyekan, bahkan turut mengajak orang lain untuk mematahkan stigma tersebut dengan menunjukkan sebuah pembuktian bahwa bekerja bisa dari mana saja dan penghasilannya pun tidak kalah bahkan melebihi para pekerja kantoran.

Dipandang sebagai generasi yang serba instan yang membuat generasi sebelumnya geleng-geleng kepala tapi di satu sisi dipuji habis-habisan karena melahirkan inovasi yang mempermudah aktivitas banyak orang dengan lebih efisien dan efektif.

Alih-alih mengejar kenyamanan, generasi ini lebih menggemari kebebasan dalam bekerja ataupun kreativitas. Tanpa atasan. Tanpa jam kerja yang bersifat repetitif. Tanpa keterikatan. Tanpa masa cuti yang terbatas. Untuk itu mereka lebih memilih menjadi pekerja lepas atau freelancer.

Apa itu freelancer?

Freelancer ialah para pekerja yang tidak berafiliasi dengan perusahaan tertentu dan memilih mencari pekerjan melalui berbagai sumber atau situs-situs terpecaya di internet. Tugas yang dibebankan dari klien yang mereka dapatkan biasanya dikerjakan hanya pada periode tertentu yang sudah disepakati. Selain itu, pekerjaan bisa diselesaikan dari jarak jauh seperti rumah, kedai kopi, co.space, pantai ataupun gunung, hanya dengan bermodalkan computer atau laptop yang memiliki sepsifikasi memadai dan didukung dengan jaringan internet.

Tentunya ada beragam alasan mengapa generasi milenial memilih pekerjaan model ini, yaitu ingin menjadi bos untuk diri sendiri, mendapatkan banyak pengalaman dari klien di seluruh dunia, tidak ingin terikat dengan perusahaan, dan lain sebagainya. Tapi untuk menekuni karir sebagai freelancer profesional, kamu membutuhkan pengorganisasian yang tepat, manajemen yang baik, dan komitmen untuk berdisplin.

Saat ini, freelancer adalah profesi yang diminati oleh 34 persen pekerja di Amerika. Sementara dilansir dari Indonesia Freelancers Association, jumlah freelancer mencapai 1 juta orang di tahun 2017 dan terus meningkat setiap tahunnya.

Namun kalau ditelusuri lebih dalam sebenarnya freelancer sudah ada semenjak abad pertengahan. Fenomena ini didokumentasikan dengan baik di novel karya Sir Walter Scott Ivanhoe yang merujuk para prajurit yang dibayar mahal untuk melakukan perperangan.

Pada masa itu para prajurit yang sudah kehilangan rajanya, memutuskan untuk menawarkan jasa mereka kepada raja yang bersedia untuk membayar mereka paling banyak. Mereka juga dikenal sebagai condottiere, prajurit bayaran.

Wallenstein, adalah salah satu pemimpin prajurit bayaran yang memiliki pasukan sebanyak 1.525 prajurit dan terlibat dalam 30 tahun peperangan yang terjadi Eropa abad itu. Tapi karena keserakahan dan ketamakannya, ia menyalahgunakan kekuatan yang dimiliknya dan menyebabkan tragedi untuk dirinya sendiri. Artinya sebagai condottiere atau freelancer pada masa itu, ia harus melengkapi kebebasan dengan rasa tanggung jawab yang besar, apabila tidak maka akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Nah, inilah asal muasal pekerja freelancer, yang saat ini sudah bergeser ke banyak lini yang bisa disesuaikan dengan kampuan yang kamu miliki. Kira-kira profesi apa ya yang paling diminati para freelancer?   

7 Profesi yang Diminati Freelancer. Apakah Pekerjaanmu Salah Satunya?

Ada beragam profesi freelancer saat ini dengan bayaran yang membuatmu akan gigit jari ketika melihat invoice-nya. Artinya seorang freelancer akan dibayar sesuai dengan kemampuannya. Semakin spesifik kemampuannya dan jarang dimiliki orang lain, maka semakin besar bayarnnya. Apa saja ya kira-kira? Simak yuk!

1.   Programmer and Sofware Development


(pexels.com)
Pekerjaan yang satu ini sangat diminati para pemula untuk mencari uang secara online. Tak ayal, kamu akan lebih akrab dengan bahasa pemprograman dibandingkan dengan bahasa manusia kali ya. Kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari 60 US AS per jam! wah!

Tahun 2016 lalu, James Night, meninggalkan pekerjaan tetapnya sebagai programmer di Google Manhataan dan lebih memilih sebagai seorang freelancer programmer. Kini ia bisa mendapatkan 1000 dolar Amerika Serikat. Tertarik mengikuti jejak karir James?

2.   Web Desainer and Development


(pexels.com)
Dilansir dari situs UpWork, keterampilan ini menjadi profesi ini berada di peringkat 7 sebagai keterampilan yang paling laris. Industri ini sangat digemari para freelancer karena mudah untuk mempelajari desain-desain web melalui beragam sumber yang berbayar ataupun gratis.

3. Content Marketing


(pexels.com)
Profesi ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang senang mengolah konten-konten. Tugas kamu menyusun strategi untuk meningkatkan brand awareness. Jadi penting untuk paham SEO (Search engineoptimization), content marketing,social media marketing, email marketing, dan lainnya. Profesi yang satu ini sangat penting bagi bisnis apapun karena kehadiran mereka berfungsi untuk meningkatkan jumlah pembeli. Bayaranya sekitar 50 US AS per jam.

4.   Graphic Design


(pexels.com)
Profesi ini menempati urutan nomor 2 pada daftar keterampilan yang paling diminati di UpWork.
Kamu bisa memenuhi permintaan pasar untuk mendesain logo, ikon dan ilustrator. Profesi ini paling dicari untuk kamu yang sedang membangun online shop! Desain yang estetik adalah awal dari tingginya engagement? Benarkan?

5. Copywriters


(pexels.com)
Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa pun hanya dengan mempraktikan teori. Akan menjadi poin plus bila kamu menguasi bahasa asing. Ada beberapa contoh karir di bidang ini seperti penulis blog, situs web, copywriter penulis SEO dan sejenisnya. Tarifnya juga bervariasi, mulai dari puluhan dolar sampai ratusan dolar per beberapa kata. Menarik sekali ya?

6.   Video Editor


(pexels.com)
  Melalui pekerjaan ini kamu bisa meningkatkan dampak produk yang kamu pasarkan di internet.  Seperti YouTuber yan bisa meraih jutaan suscriber yang menghasilkan pundi-pundi uang. Sebagai editor kamu harus paham dengan bermacam tools seperi Adobe Premiere Pro.
7.   Social Media Manager
(pexels.com)
Pemasaran menjadi strategi yang penting untuk media sosial. Mulai dari kedai kopi kecil sampai perusahan besar, mereka semua membutuhkan jejaring sosial untuk mempromosikan produk merek mereka. Tertarik mencoba profesi ini?

Ada beberapa situs terjamin untuk kamu mencari pekerjaan sebagai freelancer, seperti Sribulancer, Freelancer Indonesia, Projects.co.id, Sribu, 99 Design, Upwork, Gobann, Crowdsource.


5 Kiat Sukses Menjadi Freelancer Profesional

Untuk sukses dan berhasil sebagai freelancer di bidang yang kamu pilih, tentu ada beberapa langkah atau rencana yang harus diterapkan untuk memastikan bahwa pekerjaan kamu rapi dan tidak lompat dari satu proyek ke proyek lain. Simak yuk, apa saja caranya!

1.   Manfaatkan sosial media untuk membangun portofoliomu.


(pexels.com)
Ketika kamu melamar posisi freelancer, tentu hal yang pertama kali dilakukan calon klienmu adalah melihat rekam jejak pekerjaanmu di masa lalu. Jadi penting untuk kamu mulai mengisi feed sosial mediamu dengan hasil karyamu yang menunjukkan testimonial karya dan informasi kontak.

2.   Fokus pada satu klien lebih baik dibandingkan mengambil sebanyak-banyaknya pekerjaan.


(pexels,com)
  Mantapkan diri untuk selektif memilih klien yang professional untuk pekerjaan yang teratur dibandingkan klien yang hanya memberikan pekerjaan sedikit, ini bukan pilihan yang buruk loh tapi bisa membentuk jaringan potensial.

3.  Pertahankan hubungan relasi dengan klien.
(pexels.com)
Dalam bisnis apapun, strategi marketing mouth to mouth sangar penting dan ini adalah cara terbaik untuk menemukan klien baru. Tapi, meskipun hubungan kerja kamu selesai, ada baiknya untuk tetap menjaga koneksi.

4.   Tegas dengan diri kamu sendiri.


(pexels.com)
Pekerjaan ini memang memberikan kamu kebebasan tapi bukan berarti kebebasan tanpa batas. Menjadi bos untuk diri sendiri memang menarik dan disaat yang sama kamu tetap perlu disiplin dan memahami bahwa “waktu adalah uang”. Jadi, kamu akan tetap fokus untuk menyelesaikan pekerjaan kamu dengan sebaik-baiknya. Rencanakan jadwal supaya proyek yang kamu kerjakan kelar tepat waktu.

5. Menggunakan Asus VivoBook Ultra A412DA untuk menunjang aktivitas freelancer-mu!


(dokumentasi pribadi)
Untuk para freelancer yang mencari laptop ringkas, tipis, dengan spesifikasi mumpuni wajib sekali loh punya seri laptop Asus VivoBook yang ini. Pekerjaan ini membutuhkan mobilitasmu untuk bisa bekerja dari mana saja, jadi kalau laptopnya berat dibawa kemana-mana pasti kerjaan kamu akan terbengkalai kan.

Menjadi seorang freelancer yang professional akan terhambat, bila kemampuanmu yang di atas rata-rata tapi tidak diiringi dengan spesifikasi laptop terbaru dari Asus. Kalau kamu masih ragu, ada beberapa pertimbangan yang bisa kamu pikirkan sebelum membeli produk ini Asus VivoBook Ultra A412DA.

Hadir sebagai laptop yang ringkas dan nyaman untuk pekerjaanmu yang menuntut mobilitas tinggi!

(channel.asus.com)
Sebagai seorang freelancer content-creator, ada sebagian orang yang akan merasa sulit menemukan ide apabila hanya berdiam diri di satu tempat saja. Jadi mereka cenderung berpindah-pindah tempat untuk menggali ide. Diantara semua peralatan untuk membuat konten, tentu posisi laptop bagi adalah hal yang penting. Dengan yang hanya sekitar 1,5 kg saja tentu sangat memudahkan mereka untuk menjinjingnya ke mana pun mereka pergi dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Didapuk sebagai “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook”  laptop Asus VivoBook Ultra A412DA. memang laptop yang paling ringan di kelasnya. Bayangkan saja, layarnya hanya sebesar 14 inch dengan resolusi full HD pula. Jadi kamu akan mendapatkan resolusi yang terbaik ketika proses finishing content dan sebelum dikirimkan ke klienmu, kan? Selain itu, Bezel di sisi layar yang tipis membuat dimensi tampilan laptop ini sangat ekslusif.  Wah sudah buat kamu merasa ingin buru-buru ganti laptop ga nih!

Laptop dengan prosesor terbaru AMD Ryzen berperforma stabil!
(Channel.asus.com)

Untuk kamu yang merncari laptop dengan prosesor terbaik, sekarang t
idak terbatas pada core i5 dan core i7 loh. Saat ini Asus sudah mengeluarkan Ryzen 3 dan Ryzen 5 yang mendukung beberapa pekerjaan kamu bisa dilakukan sekaligus, bahkan memiliki base clock speed yang tidak akan membuat laptop ini berperforma lebih stabil, cepat, dan halus.

Alih-alih menginstal software bajakan, laptop ini sudah di preinstall Windows 10 yang asli loh.


(dailysocial.com)
Sudah tahukan kalau sistem operasi ini adalah terobosan terbaru dari Windows yang membuat kamu bisa berpindah dekstop dengan cepat dan mudah karena fitur menunya yang dinamis. Jadi, kamu tidak perlu lagi kebingungan memikirikan lisensi resmi windows atau bahkan sampai ditipu penjual karena kamu tidak mengerti banyak hal tentang laptop. Jangan sampai ya. Pokoknya kamu tidak perlu pusing-pusing lagi deh mikirin install-instalan!

Dilengkapi dengan sensor sidik jari dan didukung Windows Hello juga loh.

(Adventurose.com)
Sebagai seorang freelancer yang professional tentu kamu tidak boleh membocorkan dokumen klienmu ke khalayak umum dan untuk menghindari tangan usil orang lain untuk mengakses laptop pribadimu aka sebaiknya kamu menggunakan sensor sidik jari. Selain itu, system operasi ini dudukung Windows Hello. Jadi metode ini sangat efektif, aman, cepat dan terhindar dari
orang-orang yang ingin mengubek-ngubek kerjaanmu.

Desain Ergolift dengan fitur inovasi premium dari Asus.

(Channel.asus.com)

Hadirnya fitur ini membuat bagian bawah layar laptop akan terangkat ketika dibuka. Hal ini akan membuat udara masuk pada rongga udara sehingga laptop tidak mudah panas dan membuat posisi jari-jari lebih nyaman ketika mengetik. Jadi, sistem pendingin hardware ultrabook akan berkerja secara optimal.

Tersedia dalam warna-warna yang bervariasi dan stylish abis.


(Channel.asus.com)

Laptop Asus VivoBook Ultra A412 ini hadir dengan tampilan desain yang memukau dan mempesona. Tersedia dalam 4 pilihan warna yaitu, coral crush, slate grey, transparent silver, dan peacock blue! Stylish banget ya untuk kamu yang tidak mau ketinggalan gaya dan selalu terlihat fresh dan young!

Meskipun ringkas tapi konektivitasnya lengkap banget!
(Channel.asus.com)
Laptop minimalis ini memiliki beragam port, seperti audio port, HDMI, USB type A, dan USB Type C yang bisa membuat kamu menghubungkan berbagai perangkat. Selain itu ada juga opsi konektivitas nirkabel yang menjaga koneksi wifi dual-band tetap terhubung meskipub Bluetooth sedang bekerja.  Pokoknya apapun yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaanmu, Asus punya jawabannya. Keren kan?.

Kesimpulan
Tentu tidak mudah untuk memilih full timer freelancer, banyak rintangan yang harus dihadapi dan disesuaikan dengan tergantung dengan kepribadianmu. Apakah kamu cenderung lebih senang menjadi freelancer karena jam kerja yang fleksibel atau bermimpi tentang kebebasan?

Sebagai seorang freelancer, kamu juga harus menjaga motivasi diri untuk menemukan klien sendiri, melakukan personal branding sendiri, mengatur situs web untuk portofolio kamu sendiri dan menegoisasikan kontrak kamu sendiri. Tanpa ada orang yang membantu kamu.

Dan yang paling penting, karena internet dan laptop yang proper adalah senjata perangmu jadi pilihlah laptop dengan spesikafi yang kamu butuhkan, tidak berat, dan tetap stylish dan  jawabannya adalah Asus VivoBookUltra A412DA.












Artikel ini dikompetisikan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Adventurose.com dalam tema “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook.”

Source:


Komentar

  1. Valuable information. Fortunate me I discovered your website by chance, and I’m shocked why this twist of fate did not took place earlier! I bookmarked it.
    Regards: Eve Hunt

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waktu Indonesia Bagian Hidup Sehat Bersama SEGARI

"Kapan yah pandemi ini usai?" Apakah pertanyaan ini pernah terlintas di kepalamu? Saya yakin kita semua pernah. Namun faktanya, smpai saat ini belum ada satupun ahli yang bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan pasti. Tanpa harus menurunkan level kepatuhan terhadap pratokol kesehatan, setidaknya kita bisa bernafas sejenak karena menurut WHO terjadi penurunan kasus positif COVID-19 hingga 77 persen dalam enam pekan terakhir. Selain itu, angka kematian rata-rata masyarakat di seluruh dunia juga sudah turun sebanyak 20 persen. Tak lupa, saat ini program Vaksinasi Nasional dari Kemenkes RI sedang berlangsung dan diharapkan bisa tersebar merata di seluruh lapisan masyarakat. Alih-alih cemas berlebihan, yuk kita lakukan sesuatu untuk melindungi diri sendiri dan keluarga. Caranya gampang banget. Mulai dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan WHO, seperti mencuci tangan dengan benar, memakai masker, tidak menyentuh wajah, menjaga jarak dengan orang lain, dan bila mem

Tempat baru yang mengesankan dan kesenjangan yang luput dari penglihatan

Setelah satu bulanan tinggal di tempat baru, aku mulai berkeliling ke tempat yang satu dan yang lainnya. Biasanya di akhir pekan, aku lebih sering pergi ke Lulu Mart (hypermarket), Giant (toko swalayan), atau Aeon Mall untuk berbelanja bahan belanja selama satu minggu kedepan. Baru sekali saja aku pergi ke Cisauk, tempat di mana stasiun KRL terdekat berada dan Pasar Modern. Besok pagi, aku akan mencoba merasakan suasana berbelanja di sana. Tidak belanja banyak karena sebagian bahan belanja sudah dibeli sore tadi. Aku menemukan tempat belanja "hidden gem" di kawasan perkampungan. Murah sekali. Tentu saja ini akan menjadi pertimbanganku selanjutnya untuk rutin berbelanja di tempat tersebut. "Bang, tempat ini hidden gem! Keluar uangnya segini doang dapatnya banyak banget" ucapku antusias. "Memang. Dari kemarin diajak keluar gak pernah mau. Kalau di kawasan perkampungan semuanya ada, warung, toko buah, jajanan gerobak, nasi padang sepuluh ribuan. Bedakan? Mangkany

Sebelum Dua Pekan.

  Aku yakinkan diri ini berulangkali sebelum berbicara kepada kedua orang tua. Ini bukan sebuah keputusan yang mudah.  Aku tahu, ada banyak rangkaian masalah yang akan menanti aku setelah gerbang perjalanan ini. Namun, pilihannya apakah aku bisa melihatnya sebagai sebuah halangan atau tantangan. “Bunda, mbak menikah boleh ga?” “Iya boleh selesai wisuda ya.” “Kan udah pernah wisuda, kuliah mbak udah siap juga tinggal wisuda doang…” “Kenapa mbak tiba-tiba ingin cepat nikah?” “Engga cepat juga sih, kakak kan udah kelar kuliah bahkan udah kerja juga..” “Emangnya, Hendra udah mau lamar mbak?” “Iya, kalau diizinin.” “Nanti bunda bilang sama ayah dulu.” Hendra adalah nama pria yang menjadi pasanganku satu tahun terakhir. Aku mengingat percakapan sekilas di malam itu. Mengapa hal ini ingin aku segerakan? Mengingat aku berencana menikah dengan dia di pertengahan tahun 2022. Bukan di awal 2021. Aku dan Hendra sudah menjalin hubungan romansa selama satu tahun terakhir. Kami