Langsung ke konten utama

Mewujudkan Impian Satu Orang Satu Miliar Dolar Hanya Karena Digital Marketing

Apakah bonus demografi sebuah petaka?

                                                   (Sumber Gambar: Google)

Tahukah kamu berdasarkan survey Bank Dunia, penyebab ketimpangan, kemiskinan, dan pengangguran sebanyak 30% berasal dari sektor ketenagakerjaan dan kepala BPS Suhariyanto mengatakan angka pengangguran terbuka per Agustus 2018 sebesar 5,34% atau setara dengan 7,001 juta orang.  Tentunya ini angka yang fantastis.

Indonesia sedang berada dalam bonus demografi hingga tahun 2038. Tahun ini jumlah penduduk usia produktif mencapai 183,63 juta orang dan puncaknya terjadi pada 2020-2024. Artinya tahun depan kita sudah memasuki periode puncak bonus demografi dan mulai menurun setelah tahun 2024. Tetapi sayangnya, faktor ketenagakerjaan belum menjadi indikator makro yang bisa mendongkrak perekonomian bangsa. Padahal kita memiliki angka demografi yang cukup besar.

Aku dan kamu menyadari bahwa dunia berubah sangat cepat, melampaui batas-batas alamiah. Bahkan, Albert Gore, menggunakan istilah “New period of hyperchange. Perubahan yang terjadi saat ini disebabkan oleh perkembangan teknologi digital, dimana pemanfaatan robot dan kecerdasan buatan dalam  proses manufaktur bukan lagi hal yang baru. Selamat datang revolusi industri ke empat.

Sebuah penelitian memprediksi lebih dari 50% dari jumlah pekerjaan yang ada sekarang akan hilang tergerus oleh fungsi teknologi seperti Internet of Things (IoT) maupun Artificial Intelligence (AI). Dan dalam jumlah persentase (50%) yang sama dari jumlah pekerjaan ini juga, di masa depan kita digantikan dengan jenis pekerjaan baru yang sebelumnya belum pernah ada.
Penyediaan lapangan kerja yang berkualitas menjadi tantangan di era revolusi industri 4.0 mengingat besarnya jumlah tenaga kerja karena Indonesia mendapat bonus demografi.
Kondisi ini mengakibatkan terjadi perubahan permintaan dan penawaran dalam berbagai bidang, termasuk kebutuhan dan pemasokan tenaga kerja. Dengan situasi seperti ini tentunya tidak mengherankan jika ada tuntutan dari angkatan kerja berusia muda untuk lapangan kerja berkualitas, namun yang menjadi perhatian selain jumlah pengangguran adalah lebih dari separuh orang yang bekerja berada di sektor informal.

Fenomena Gig Economy Dan Skillset Yang Harus Kita Miliki
“You need to keep moving and remain nimble because today speed agility, flexibility, and adaptability are what count. I want you leave here today thinking differently, because i believe that like it or not, every role is a gig and you are all part of gig economy.”


Aku mengingat apa yang Patricia Romboletti, seorang Master Level Coach katakan ketika mengangkat topik The Gig Economy di TED Talks. Tren ini terjadi akibat maraknya on-demand worker alias “buruh” siap kerja yang dipesan secara online. Majalah Forbes pun sempat melansir bahwa pada tahun 2030 nanti, generasi millennials tidak akan betah bekerja dengan model 9 to 5.  Tak ayal, sejak sekarang, bermunculan platform mobile yang menawarkan jasa on-demand workers. Wah, apakah kamu salah satu pemuja sistem ini? Jika ya, kita sama.

Berdasarkan hasil survey International Labour Organization (ILO), ada tiga tantangan yang menjadi persoalan ketenagakerjaan Indonesia, yakni: leadership, komputer, dan bahasa. Ketiga hal ini merupakan tiang utama sumber daya tenagakerja untuk menghadapi segala tantangan revolusi Industri 4.0. Selain itu untuk bisa menyesuaikan diri, kita harus memiliki kemampuan yang tidak akan bisa dilakukan oleh mesin.

World Economic Forum juga merilis 10 skill yang mutlak dibutuhkan para pekerja untuk bisa menghadapi perubahan pada 2020 dan seterusnya, terutama karena adanya Industri 4.0. Skil tersebut di antaranya penyelesaian  masalah yang komplek, berpikir kritis, kreativitas, manajemen manusia, berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, penilaian dan pengambilan keputusan, berorientasi servis, negosiasi, dan fleksibilitas kognitif.  Di bawah ini aku jabarkan lebih spesifik, ya.

                                                       (Sumber Gambar: Google)

1. Skill Problem Solving Harus Kamu Miliki.
Merupakan kemampuan kamu untuk menyelesaikan masalah kompleks yang bisa dimulai dengan melakukan identifikasi, menentukan elemen utama masalah, melihat berbagai kemungkinan sebagai solusi, melakukan aksi/tindakan untuk menyelesaikan masalah, serta mencari pelajaran untuk dipelajari dalam rangka penyelesaian masalah.

2. Berpikir Kritis Sangat Diperlukan
Artinya kamu harus memiliki kemampuan untuk berpikir masuk akal, kognitif dan membentuk strategi yang akan meningkatkan kemungkinan hasil yang diharapkan. Berpikir kritis ini juga bisa disebut berpikir dengan tujuan yang jelas, beralasan, dan berorientasi pada sasaran, loh.

3. Kreatifitas Tanpa Batas
Kamu dituntut untuk memiliki kemampuan dan kemauan untuk terus berinovasi, menemukan sesuatu yang unik dan bermanfaat untuk masyarakat dan leingkungan sekitar, serta mengembangkan inovasi baru lewat hal yang sudah ada sebelumnya.

4. Tumbuhkan Manajemen Yang Efektif
Percaya tidak bahwa hanya orang-orang hebat dan memiliki mental bajalah yang mampu mengatur, memimpin dan memanfaatkan sumber daya manusia secara tepat sasaran dan efektif. Wah!

5. Berkerjasama dan Kolaborasi
Kolaborasi harus menjadi budaya kerja yang kamu pedomani loh. Biasakan untuk bekerja sama dengan siapa pun yah!

6. Kecerdasan Emosi
Kemampuan ini harus kamu miliki untuk mengatur, menilai, menerima, serta mengontrol emosi diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

7. Berani Ambil Keputusan
Kamu harus bisa memiliki kemampuan untuk menarik kesimpulan atas situasi yang dihadapi dalam kondisi apapun, termasuk saat sedang berada di bawah tekanan.

8. Berikan Pelayanan Yang Terbaik
Selalu usahakan untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan kamu ya tanpa mengharapkan penghargaan apapun.

9.  Asah Skill Negoisasi
Kemampuan berbicara, bernegosiasi, dan meyakinkan orang dalam aspek pekerjaan ini sangat kamu butuhkan. Tidak semua orang secara alamiah memiliki kemampuan untuk mengadakan kesepakatan yang berbuah hasil yang diharapkan, namun hal ini dapat dikuasai dengan banyak latihan dan pembiasaan diri.

10. Fleksibel Terhadap Hal Apapun
Kemampuan ini digunakan untuk menyusun secara spontan suatu pengetahuan, dalam banyak cara, dalam memberi respon penyesuaikan diri untuk secara radikal merubah tuntutan situasional. 

Mendongkrak Potensi UMKM Dengan Tenaga Kerja Berkualitas

                                                  (Sumber Gambar: Google)

Seperti yang kita ketahui bahwa UMKM adalah usaha ekonomi yang berdiri sendiri, dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan cabang perusahaan, yang secara tidak langsung menjadi bagian dari usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang.

Nah, berdasarkan data yang aku temukan di Kementerian Koperasi dan UKM RI, bahwa  UMKM memiliki pangsa sekitar 99,99% (58,91 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia dan mampu menyerap sekitar 104,6 juta tenaga kerja (88,9%), Usaha Kecil 5,57 juta (4,73%), dan Usaha Menengah 3,95 juta (3,36%); sementara Usaha Besar menyerap sekitar 3,54 juta jiwa. Renungkan!

Ada beragam jenis industri umkm yang bisa kamu geluti, seperti usaha di bidang kuliner, fashion, pendidikan, otomotif, agrobisnis , tekonologi internet, kerajinan tangan, elektronik dan gadget. Apakah kamu salahsatunya?

Kamu tahu ga berapa besar kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia? Jangan terkejut ya. Secara gabungan, dalam skala kegiatan ekonomi UMKM memberikan kontribusi sekitar 60% terhadap total Pendapatan Domestik Bruto Indonesia. 

Pada 2017 lalu PDB Indonesia sekitar Rp13.600 trilyun. Dengan demikian, artinya total pendapatan UMKM adalah sekitar Rp8.160 trilyun! Usaha Mikro menyumbang sekitar Rp5000 trilyun per tahun, Usaha Kecil Rp1300 trilyun, Usaha Menengah sekitar Rp1800 trilyun; dan Usaha Besar sekitar Rp5400 trilyun. Wah, bukan main potensi UMKM ini!

Bukankah dengan memiliki sumber daya yang berkualitas dengan bonus kuantitas dan memanfaatkan potensi UMKM secara maksimal bisa mendongkrak perekonomian Indonesia? Yap, ada satu yang ketinggalan, dengan memanfaatkan teknologi internet dengan secerdas mungkin.

Menjadi One- Milliar –Dollar –Person Hanya Dengan Digital Marketing

Internet menjanjikan gunung emas untuk mereka yang kreatif dan mampu memanfaatkannya dengan bijak. Meskipun hanya seorang diri, dengan internet saja kita bisa membangun mesin pencetak uang yang menghasilkan laba jutaan. Ada yang tahu mengapa? Karena ekosistem atau jaringan ecommerce global kita sudah terbentuk.

Saat ini kita bisa memasarkan sebuah brand atau produk hanya dengan melakukan endorsement saja, baik melalui website ataupun media sosial. Nah hal seperti inilah yang dinamakan dengan digital marketing. 

Jadi, digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi dari sebuah produk atau brand yang menggunakan media digital atau Internet. Tujuannya adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen sesuai dengan target yang diinginkan.

Ada beberapa beberapa contoh pemasaran yang termasuk ke dalam kategori digital marketing, antara lain yaitu:
– Beriklan di media sosial, seperti Facebook, Instagram, Youtube dan lain-lain
– Beriklan di radio, dan televisi
– Beriklan di papan Billboard elektronik atau videotron
– Beriklan menggunakan e-mail marketing
– Menggunakan SEO (Search Engine Optimization)
– Menggunakan mobile marketing dan lain-lain.

Jadi ada beberapa kasus yang bisa aku jabarkan untuk dijadikan contoh. Seorang pekerja kantoran ingin meningkatkan pendapatn bulanannya, lalu yang dia lakukan adalah dengan menjual barang secara online di waktu luang yang dimiliki. Caranya adalah dengan memanfaatkan layanan  Shopify.  Di aplikasi tersebut siapapun bisa menjual beragam jenis barang ke pasar global. Pekerja tersebut mengambil barang kulakan dari Alibaba dan dia menjualnya via Shopify ke pasar Amerika atau Eropa. Modalnya kamu tahu apa? Hanya iklan Facebook. Tinggal klik klik namun bisa menghasilkan keuntungan miliaran. Dan bisa dilakukan dengan sendirian.

Contoh lainnya, kamu juga bisa melakukan jualan online dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, ataupun Youtube. Ambil saja barang kulakan via dropship. Kemudian pasnag iklan dengan memanfaatkan Facebook Ads atau jasa para endorser. Team Customer Service bisa dengan kamu outsourcingkan, desain landing pagi bisa memanggil jasa freelancer marketplace. Semua tersedia bukan?

Beragam layanan yang kamu butuhkan sangat mudah ditemukan  di Internet, untuk itu kita bisa mengelola bisnis dengan nyaman. Tidak membutuhkan karyawan  atapun orang lain, karena aspek bisnis bisa di alihdaya-kan kepada penyedia jasa layanan tersebut. Dimulai dari jasa layanan pembuat logo, layanan desain produk, layanan customer service, layanan jasa kelola iklan Facebook, layanan promosi Instagram  dan lainnya. 

Inilah penyebab muncul istilah "million dollar one-person business". Satu orang sendirian bisa mengelola bisnis mikro yg profitabel tanpa satupun karyawan kecuali si-ownernya. Ingat hal ini bisa terjadi karena internet, si-ajaib.

                                              (Sumber Gambar: Google)

Jadi kamu mulai pahamkan bahwa istilah Gig Economy merujuk pada fenomena tumbuhnya para self-employed worker atau freelancer yg amat pesat. Saat ini semakin banyak yang berminat jadi self-employed worker karena ingin mendapatkan fleksibilitas waktu kerja, bisa kerja dari mana pun, namun tetap bisa dapatkan pendapatan yang cukup malah berlebih.

Berteman Dengan Gig Economy Dengan Memanfaatkan Niaga Hoster

                                              (Sumber Gambar: Google)

Untuk menunjang produk kita bersaing di era ini, tentunya kita membutuhkan layanan hosting yang berkualitas namun tetap affordable kan untuk website kita? Kenapa, ada yang tahu? Karena website akan menjadi halaman informasi untuk para pelanggan yang ingin mengatahui seluk beluk produk yang kita jual. Ingat website adalah citra pertama kita dan bangunan kita untuk berjualan online. Nah aku punya rekomendasi layanan hosting terbaik yang rekam jejaknya tidak perlu diragukan lagi, sudah banyak brand terkenal seperti Richeese Factory, Puyo, Hydro Coco yang mempercayakannya kepada layanan hosting yang identik dengan warna biru ini, yaitu Niaga Hoster! Kalau kamu masih sedikit ragu, akan aku jelaskan lebih detail lagi deh. Tenang saja hehe.

Aku mengerti jika banyak dari kita semua yang belum paham tentang penggunaan tentang web hosting untuk meningkatkan profitabilitas produk kamu. Apasih web hosting itu? Yang online-online itu? Ahahaha, web hosting adalah layanan penyimpanan data agar suatu website dapat diakses secara online.  Daya website yang ditampung dalam ruang penyimpanan bernama server webhosting ini akan selalu aktif 24 jam sehari. Tentunya kualitas layanan hosting dapat menentukan kesuksesan bisnis maupun segala aktivitas website kamu Tanpa layanan web hosting yang berkualitas, suatu website tidak mungkin dapat diakses dengan baik. 

Terus pasti muncul lagi pertanyaan dibenak kamu, mengapa harus menggunakan web hosting Indonesia? Nah, perlu kamu ketahui bahwa lokasi server sangat berpengaruh terhadap performa suatu website, apalagi jika yang menjadi target pasar kamu masih berada di dalam wilayah Indonesia. Saat ini Niagahoster telah menggunakan Green Data Center Tier-4 DCI Indonesia yang berstandar internasional. Data center yang digunakan juga merupakan bagian dari Equinix, penyedia data center berkualitas tinggi terbaik di dunia dengan jaminan uptime hingga 99,999%. Wah, Mantap!

Sudah mulai sedikit mengerti nih? Sekarang kamu kebingungan untuk memilih mana paket hosting terbaik yang tepat untuk bisnis yang sedang kamu jalani? Pertama kamu harus kenali dulu kebutuhan sebelum membeli. Apakah kamu membutuhkan website untuk fortopolio desain, blog pribadi, toko online, atau start-up yang sedang dirintis? Tentu saja keperluan resource masing-masing profil berbeda. Tapi jika kamu hanya menginginkan website instan yang sederhana dan bisa langsung online, maka kamu bisa menggunakan hosting unlimited atau WordPress hosting miliknya Niaga Hostinger. Kemudian, untuk website dengan fitur yang bisa dikustomisasi sendiri, kamu dapat menggunakan Virtual Private Hosting (VPS).  Hebatnya lagi jika kamu kebingungan dan membutuhkan bantuan, Tim Niaga Hostinger akan siap membantu kamu, yippi!

Selain itu kamu bisa mendapatkan gratis domain loh hanya dengan membeli paket hosting! Dimana lagi bisa kamu dapatkan, kalau tidak di Niagahoster, kecuali Paket Bayi karena layanannya memang sudah termasuk dalam program.

Untuk kamu yang sudah memiliki website juga tidak perlu khawatir, karena kamu tetap  bisa melakukan transfer web hosting ke Niagahoster. Transfer hosting itu tidak rumir, dan Tim Niaga Hostinger sudah pasti siap membantu memindahkan hosting website ke Niagahoster kapan pun kamu inginkan. Caranya, kamu hanya perlu mengisi formulir, kemudian permintaan transfer akan diproses secepatnya. Lakukan transfer sekarang dan dapatkan diskon 50%!

Kamu tertarik? Sudah tau layanan web hosting apa saja yang disediakan Niagahoster?
1.    Shared Hosting
Shared hosting unlimited merupakan layanan hosting Niagahoster yang paling laris. Niagahoster menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk paket ini, mulai dari Rp 19.800,- per bulan.

2.    Website Instan
Siap membuat website sendiri namun masih buta soal teknis? Kamu bisa memanfaatkan layanan Website Instan Niagahoster. Hanya dengan Rp 67.800,- per bulan kamu bisa memiliki website yang langsung live. Tinggal order, bayar, dan aktif!

3.    VPS
Selain hosting murah unlimited, Niagahoster juga memiliki paket Virtual Private Server (VPS). Di sini kamu memiliki keleluasaan membangun website sendiri hingga level konfigurasi teknis servernya. Paket VPS Niagahoster ini bisa kamu dapatkan mulai Rp 134.000,- per bulan.

Mengapa Harus Memilih Web Hosting Di Niaga Hoster?


                                             (Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi)


1. Niaga Hoster menjadi web hosting terbaik pilihan web developer

2. Niaga Hoster memiliki avg. pageload time terbaik.
3. Niaga Hoster memiliki fitur hosting terbaik yang akan menggaransi performa website bisnis kamu.
4. Niaga Hoster memiliki tim yang siap membantu kamu menikmati layanan hosting tanpa ganggunan 24 Jam nonstop
5. Niaga Hoster menjamin  garansi 100% uang kembali.

                                        (Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi)

 Lihat promo layanan web hosting dari Niaga Hoster!!! Asik sekali ya!


Kesimpulan
Mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni adalah salah satu pekerjaan rumah yang harus kita tuntaskan bersama-sama. Aku dan kamu harus sama-sama meningkatkan skill yang berguna sebagai bekal diri untuk bersaing di era industri 4.0. Sebagai milenial yang mengimani kehidupan bebas tanpa batasan, tentunya Gig Economy menjadi salah satu hal istimewa yang generasi kita bisa rasakan. Ditambah dengan potensi UMKM yang mampu berkontribusi sebesar 60% terhadap PDB. Dengan memanfaatkan bonus demografi Indonesia dengan sebaik-baiknya, didukung dengan terbentuknya akses infrastruktur digital, sehingga akan terbentuklah tenaga kerja yang berkualitas. Bahwa 7 juta jumlah pengangguran saat ini bisa diselesaikan salah satunya dengan memanfatkan digital marketing. Masalahnya sekarang adalah, apakah kita berani memulai dan mau terus selalu belajar? Jika ya, maka usailah tugas kita semua dalam menyikapi tantangan sumber daya manusia di era revolusi industri 4.0. Perjalanan ini sepertinya akan rumit dan penuh tantangan, namun kita harus optimis bahwa jumlah populasi masyarakat Indonesia saat ini adalah bonus demografi bukan musibah demografi.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog NiagaHoster.

#BuildSuccessOnline
#BlogKontesNiagaHoster

Refrensi:
https://keuangan.kontan.co.id/news/jumlah-pelaku-umkm-di-2018-diprediksi-mencapai-5897-juta-orang
https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/31/10222981/ingat-ini-skill-yang-harus-dimiliki-di-era-industri-40
https://twitter.com/Strategi_Bisnis


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAUM MILENIAL WAJIB MANFAATKAN APLIKASI SIKASEP UNTUK WUJUDKAN RUMAH IMPIAN

(Sumber: Media Indonesia) Bagaimana caranya agar milenial bisa memiliki rumah? Tren pertumbuhan penduduk di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia memasuki era bonus demografi. Sebuah fenomena langkah yang hanya akan terjadi satu kali dimana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dibanding jumlah penduduk tidak produktif. Namun, sayangnya kaum yang diberi label sebagai tulang punggung ekonomi ini diprediksi tidak bisa memiliki hunian seumur hidupnya.Tentunya ada beberapa hal yang menjadi hambatan, seperti pengeluaran konsumsi yang tinggi, kenaikan upah pekerja tidak sebanding dengan lonjakan harga properti setiap tahunnya, sampai dengan benturan-benturan persyaratan perbankan yang tidak mengakomodir karakteristik generasi ini. Rumah adalah bagian dari kebutuhan pokok manusia yang harus segera dipenuhi setelah kebutuhan sandang dan pangan. Tapi, kebanyakan milenial menggeser prioritas untuk membeli rumah dengan berperilaku konsumtif. Dengan harga properti yang semakin ting

Waktu Indonesia Bagian Hidup Sehat Bersama SEGARI

"Kapan yah pandemi ini usai?" Apakah pertanyaan ini pernah terlintas di kepalamu? Saya yakin kita semua pernah. Namun faktanya, smpai saat ini belum ada satupun ahli yang bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan pasti. Tanpa harus menurunkan level kepatuhan terhadap pratokol kesehatan, setidaknya kita bisa bernafas sejenak karena menurut WHO terjadi penurunan kasus positif COVID-19 hingga 77 persen dalam enam pekan terakhir. Selain itu, angka kematian rata-rata masyarakat di seluruh dunia juga sudah turun sebanyak 20 persen. Tak lupa, saat ini program Vaksinasi Nasional dari Kemenkes RI sedang berlangsung dan diharapkan bisa tersebar merata di seluruh lapisan masyarakat. Alih-alih cemas berlebihan, yuk kita lakukan sesuatu untuk melindungi diri sendiri dan keluarga. Caranya gampang banget. Mulai dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan WHO, seperti mencuci tangan dengan benar, memakai masker, tidak menyentuh wajah, menjaga jarak dengan orang lain, dan bila mem

BERSYUKUR DAN BERDAMAI DENGAN RAMADAN DI TENGAH PANDEMI

Kamu tahu, apa yang membuat Ramadan sangat dirindukan? jawabannya adalah tentang momen-momen istimewa yang terjadi bagi kita umat muslim di berbagai belahan dunia. Selalu ada euforia yang memenuhi relung hati di waktu sahur dan berbuka puasa. Baik bersama keluarga ataupun teman-teman. Selalu ada suasana syahdu ketika menghadiri shalat berjamaah, mendengar ceramah, menonton kultum, dan menghadiri majelis-majelis yang membersihkan hati nurani dari sifat seperti rasa dengki, iri hati, dan kebencian. Selalu ada menu-menu makanan yang selama ini dinanti-nanti dan setiap gigitannya membangkitkan memori yang membersamainya. Selalu ada jutaan kebaikan dengan niat tulus dari siapapun dan untuk siapa pun. Barangkali Tuhan ingin kita menjalankan Ramadan dengan khusyuk, tanpa ada janji buka puasa bersama 30 hari berturut-turut yang membuat lalai sholat Magrib. Tanpa ada aktivitas berkeliaran di jalanan ketika matahari baru beranjak terbit yang tak jarang berujung pada kecelakaan-kecelaka