Langsung ke konten utama

Tentang Merawat Budaya : BATIK TRUSMI Batik Kebanggan Indonesia


Penulis : Sindi Alya Syahputri


(Sumber : Dokumentasi Pribadi / Penulis bersama teman dan pegawai ketika sedang menjalankan program magang)

Apakah pernah terlintas di pikiran kamu, untuk selalu membeli pakaian yang bernuansa batik.  Jika ya, berarti kita sama. Mengapa kini batik begitu diminati? Dapat dikatakan bila pada saat ini penggunaan batik tidak hanya terbatas untuk acara-acara tertentu saja, tetapi juga dapat digunakan untuk pakaian kegiatan sehari-hari. Baik untuk kuliah bahkan untung hang out bersama teman sepermainan. Modelnya yang kian modis tentu saja menunjang penampilan kita yang tak ingin ketinggalan bergaya. Batik hari ini tidak lagi sekedar corak-corak tertentu dengan potongan pakaian yang sebatas kemeja formal. Hampir selalu kita temukan dengan mudah batik di desain dengan corak yang mengesankan dan model yang mengikuti mode fashion pakaian wanita yang tiada habis-habisnya, sehingga selain terlihat eyes catching untuk penggunaan aktivitas harian juga sembari menunjukkan salah satu identitas bangsa.  

Selain dalam bentuk pakaian, batik biasanya juga diaplikasikan melalui berbagai aksesori, seperti tas, syal, sepatu, mukenah, dan dompet. Menunjukkan rasa kebanggan kepada Batik Indonesia, bisa dimulai dengan cara sederhana yaitu dengan menggunakannya. Batik bisa digunakan di mana saja dan untuk kegiatan apa saja, tidak hanya untuk golongan tertentu atau ritual tertentu. Karena batik tidak lagi bisa dipandang dengan sebelah mata.

Penggunaan batik pada hari-hari tertentu juga telah dijadikan peraturan resmi yang dibuat oleh pemerintah melalui PERMENDAGRI untuk mengatur intansi-intansi terkait, pihak kampus sebagai lembaga pendidikan juga menetapkan peraturan berbusana batik pada setiap hari jumat, begitu juga sekolah-sekolah baik itu tingkat dasar, menengah atas ataupun menengah pertama. Menjadikan batik sebagai seragam wajib bukanlah sebuah kebijakan yang harus ditentang melainkan menjadi kebijakan permulaan bagi pemerintah untuk mulai menghidupkan budaya-budaya Indonesia yang lainnya yang selama ini tersaingi oleh budaya dari luar terutama budaya barat.

BATIK TRUSMI ADALAH BATIK KITA

Jika memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Jawa Barat, jangan lupa melipir ke Kampung Batik Trusmi sebagai salah satu destinasi wisata cirebon. Kampung ini terletak di JL. Syekh Datul Kahfi (Trusmi Kulon) No. 148 Cirebon, Plered, Jawa Barat. Di kampung ini terdapat makam Ki Gede salah seorang pengikut setia Sunan Gunung Jati yang mengajarkan kesenian sembari menyerbarkan islam, yang masih terawat dengan baik. Dan di sepanjang jalan berjejer toko-toko yang menjual batik. Tidak perlu heran, bahwa dalam hal batik, Cirebon merupakan salah satu yang terkuat, tak lekang oleh waktu, dan senantiasa digandrungi oleh para pecinta batik dari pelosok negeri. Batik Trusmi sendiripun termasuk toko batik Terluas & Pemrakarsa Cap Batik Terbesar di Indonesia.

(Sumber : Internet)

MENGENAL ORNAMEN BATIK KHAS CIREBON

Nah untuk yang satu ini, saya yakin selera orang berbeda-beda. Tetapi ada sebuah corak batik yang paling fenomenal dan menjadi ikon Cirebon. Corak apakah itu? Jawabannya adalah corak Megamendung. Corak ini melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan. Corak ini memiliki gradasi warna yang sangat bagus dengan proses pewarnaan yang dilakukan sebanyak lebih dari tiga kali.

Cirebon memiliki ornamen batik yang cukup bervariasi, karena dikembangkan oleh keluarga keraton yang setia kepada sultan dan masyarakat yang terbuka tehadap budaya asing. Pola-pola yang goreskan cenderung baku, memiliki nilai simbolis dan bermakna religius.

Ornamen Batik Cirebon dapat digolongkan menjadi lima jenis, yaitu :

1.    Wadasan
Batik yang dihasilkan biasanya disebut Batik Keraton, ditandai dengan ornamen-ornamen yang berasal dari Keraton Cirebon. Nama – nama untuk motifnya antara lain adalah Mega Mendung, Singa Payung, Taman Arum, dan Naga Saba.


(Sumber : Internet)

2.    Geometris
Kain yang di desain sebelumnya haruslah diberi garis-garis dengan bantuan penggaris. Misalnya adalah motif Tambal Sewu, Liris, Lengko-lengko, dan Kawung.

(Sumber : Internet)

3.    Pangkaan (Buketan)
Motif batik menampilkan lukisan pohon atau rangkaian bunga yang lengkap, sering dilengkapi burung atau kupu-kupu. Nama – nama motifnya antara lain adalah Pring Sedapur, Kelapa Setundun, Soko Cina, dan Kembang Terompet.

(Sumber : Internet)

4.    Byur
Motif batik ini ditandai dengan ornamen bunga dan dedaunan kecil yang mengelilingi ornamen bunga dan dedaunan kecil yang mengelilingi ornamen pokok secara penuh, misalnya adalah Mawar Sepasang, Dara Tarung, Karang Jahe dan Banyak Angrum.

(Sumber : Internet)

5.    Semarangan
Motif ini menampilkan penataan ornamen yang sama atau motif ulang yang ditata renggang, misalnya adalah Kembang Kantil dan Piring Selampad.

(Sumber : Internet)



MANFAATKAN LAYANAN ONLINE JIKA TERBATASNYA WAKTU DAN DANA
            
Wajar saja jika tidak dapat tidur dengan tenang setelah melihat puluhan gambar yang menampilkan model dan corak batik yang menggiurkan btbatiktrusmi.com. Namun jangan berkecil hati, di jaman yang menjunjung tinggi keefisienan ini, kamu bisa mendapatkan batik kesayanganmu melalui pemesanan online. Silahkan kunjungin link btbatiktrusmi.com

(Sumber : Internet)

Terdapat rincian harga dan pilih model serta motif yang kamu inginkan, harga sangat terjangkau dan merakyat dengan kualitas dari bahan terbaik dan ternyaman.
           

(Sumber : Internet)

Fitur – fitur yang ditampilkan di website ini sangat lengkap. Tidak hanya pilihan batik tetapi ada juga informasi seperti Tips Perawatan Batik dan informasi lokasi gerai-gerai resmi BT Batik Trusmi. Selain di Cirebon dan di Jakarta, BT Batik Trusmi juga ada di Medan. Kamu bisa memilih produk yang baru rilis, produk yang terjual paling laris, outfit yang digunakan untuk kondangan dengan koleksi premium, dress batik bagi kamu yang ingin kelihatan feminin, batik kantor untuk kegiatan di kantor, serta koleksi kain sarung yang bisa digunakan sebagai hadiah kecil-kecilan untuk sebagai ucapan terima kasih pada acara yang hendak kamu selenggarakan atau buah tangan untuk sahabat kamu yang jauh sebagai bentuk mempererat jalinan tali silahturahmi. Diskon-diskon besar jangan sampai dilewatkan ya guys! Lumayan kan bisa nge stock batik, membeli batik dengan kualitas yang bagus dan harga ekonomis adalah sebuah investasi. Harus beli di gerai resmi agar tidak mengecewakan.


(Sumber : Internet)

Selain tersedianya website resmi, kamu juga bisa melihat model-model pakaian bati BT Trusmi melalui media sosialnya, ga mungkin dong kamu ga punya instagram di jaman sekarang yang apa apa serba up date ini. Kunjungin akun instagramnya ya di @btbatiktrusmi

SIAPA BILANG BATIK CUMA PAKAIAN DOANG!

Kalau kamu masih mikir batik hanya sebatas pakaian doang, kamu salah besar! Mau cari apa coba? Flatshoes batik? Ada! Tas batik? Apalagi. Iket kepala batik? “Silahkan chek toko kita sist”. Di Bt Batik Trusmi, accesories apapun yang kamu inginkan dan berkaitan dengan batik pasti disediakan. Nih ada beberapa item yang dapat kamu temukan di BT Batik Trusmi...







(Sumber : Internet)

SELALU UP TO DATE DENGAN DISKON

Tenang saja, apabila ada pakaian batik yang edisi “New Arrival” tapi kepentok sama cicilan atau tagihan lain, seperti gerai batik yang paling mengerti konsumennya, BT Batik Trusmi selalu mengeluarkan diskon-diskon pada hari-hari tertentu dan besarnya tak tanggung-tanggung. Oleh sebab itu, kita tidak boleh berkecil hati dan harus selalu ready dengan semua diskon-diskon yang di berikan dengan cuma-Cuma. Kapan lagi?!




(Sumber : Internet)

BATIK SANGAT PROPER UNTUK BERAGAM ACARA

Memiliki batik wajib lebih dari satu, apalagi jika kita bernaung atau bekerja di intansi-intansi pemerintah. Sebagai mahasiswa juga bukan alasan kita untuk tidak memiliki batik. Dengan banyaknya kegiatan yang harus kita hadiri, menggunakan batik adalah pakaian resmi yang biasanya dijadikan dress code. Rasanya tidak lucu jika kita hanya memakai batik yang itu-itu melulu. Harus diingat bahwasanya model potongan pakaian batik sendiri sudah beragam jika kita membeli jadi bahkan kita bisa melakukan custom ke penjahit langganan kita. Salah satu batik yang terkenal di Indonesia ialah BT Batik Trusmi sebagai pusat industri batik di Cirebon. Dimana Batik Trusmi sendiri berhasil menjadi ikon batik dalam koleksi kain nasional.



(Sumber : Dokumentasi Pribadi / Penulis bersama teman ketika sedang menghadiri kegiatan Silahturahmi Industri Keuangan Kota Medan)

MELESTARIKAN BUDAYA BATIK

“Mengenakan Batik adalah Kebanggan, Menjaganya adalah Keharusan, Melestarikannya adalah Kebahagiaan.”
-BT Batik Trusmi-


Berbicara batik berarti kita sedang berbicara tentang Pesona Indonesia. Pesona Indonesia yang satu ini telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Cultural Heritage of Humanity. Jika melihat kebelakang sejarah batik indonesia terkait erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa. Kegiatan membatik pada awalnya hanya terbatas dalam keraton saja dan penggunaannya untuk pakaian raja serta keluarga pemerintah. Karena banyak dari mereka yang tinggal di luar kearton maka kesenian batik tersebut dibawa oleh mereka keluar dari keraton dan ditiru oleh rakyat jelata sehingga menjadi pekerjaan kaum wanita rumah tangga untuk mengisi waktu luang mereka

Tentang batik adalah perihal tentang merayakan identitas bangsa. Banyak diantara kita yang masih belum menyadari atau tidak peduli sama sekali tentang menjaga batik. Diperlukan kerja sama dari berbagai pihak untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memaknai batik tidak hanya dari fungsinya sebagai pelindung tubuh atau tambahan accesories tetapi mencari tahu tentang makna yang terkandung di baliknya. Mencoba menangkap filosofi apa yang hendak disampaikan oleh pembuatnya.

Ada berbagai cara untuk melestarikan budaya batik, diantaranya ialah :

1.    Menggunakan Batik Dengan Bangga

Ketika dunia sudah mengapresiasi batik, salah satunya melalui UNESCO, mengapa kita sendiri masih enggan menggunakan batik? Gunakan batik yang biasanya hanya tersimpan di dalam lemarimu dan ekspresikan gayamu dengan menggunakan batik! Berani?


(Sumber : Dokumentasi Pribadi / Penulis bersama seorang teman ketika sedang magang)

2.    Jadikan Wisata Cirebon Sebagai Destinasi Liburanmu Selanjutnya!



(Sumber : Internet)

Kampung Trusmi, Plered, Cirebon adalah tempat wisata heritage dan belanja batik yang selalu menjadi destinasi wisata favorit untuk dikunjungi oleh para pelancong. Acapkali disebut One Stop Destination, kenapa? Karena ditempat ini para wisatawan bisa belanja batik di pusat grosirnya langsung yaitu BT Batik Trusmi, belanja kuliner serta belanja oleh-oleh. Tetapi hati-hati ya jangan sampai kalap hingga kantong jebol kecuali kalau budget telah disiapkan!

3.    Mempromosikan Batik

    Manfaatkan media sosial seefesien mungkin dan jangan pernah berhentu berbagi. Barangkali ada tetanggamu yang seorang pengrajin dengan karyanya yang berkualitas tapi minim ilmu pemasaran, tentu saja kamu bisa mengajarkannya tentang cara-cara efektif untuk mempromosikan hasil batiknya. Atau kamu bisa menggunakan batik kesayangan kamu di beragam kegiatan nasional atau internasional yang sedang kamu hadiri.


(Sumber : Dokumentasi Pribadi / Penulis ketika mengahadiri sebuah kegiatan internasional)

Sebentar lagi kita akan memperingati hari batik nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Tak semua bangsa beruntung mendapatkan warisan batik dengan corak-corak penuh dengan filosofi makna. Sebagai anak bangsa terlebih lagi kita pemuda yang katanya menjunjung tinggi idealisme. Akankah kita meninggalkan batik begitu saja? Atau membiarkannya hingga diakuisisi oleh bangsa lain? Masihkah kita berdiam diri? Mari, ambil bagianmu dalam mempromosikan budaya batik. Jadi yang terdepan jangan mau ketinggalan! Ini batikku, mana batikmu! #btalwaysbatik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAUM MILENIAL WAJIB MANFAATKAN APLIKASI SIKASEP UNTUK WUJUDKAN RUMAH IMPIAN

(Sumber: Media Indonesia) Bagaimana caranya agar milenial bisa memiliki rumah? Tren pertumbuhan penduduk di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia memasuki era bonus demografi. Sebuah fenomena langkah yang hanya akan terjadi satu kali dimana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dibanding jumlah penduduk tidak produktif. Namun, sayangnya kaum yang diberi label sebagai tulang punggung ekonomi ini diprediksi tidak bisa memiliki hunian seumur hidupnya.Tentunya ada beberapa hal yang menjadi hambatan, seperti pengeluaran konsumsi yang tinggi, kenaikan upah pekerja tidak sebanding dengan lonjakan harga properti setiap tahunnya, sampai dengan benturan-benturan persyaratan perbankan yang tidak mengakomodir karakteristik generasi ini. Rumah adalah bagian dari kebutuhan pokok manusia yang harus segera dipenuhi setelah kebutuhan sandang dan pangan. Tapi, kebanyakan milenial menggeser prioritas untuk membeli rumah dengan berperilaku konsumtif. Dengan harga properti yang semakin ting

Waktu Indonesia Bagian Hidup Sehat Bersama SEGARI

"Kapan yah pandemi ini usai?" Apakah pertanyaan ini pernah terlintas di kepalamu? Saya yakin kita semua pernah. Namun faktanya, smpai saat ini belum ada satupun ahli yang bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan pasti. Tanpa harus menurunkan level kepatuhan terhadap pratokol kesehatan, setidaknya kita bisa bernafas sejenak karena menurut WHO terjadi penurunan kasus positif COVID-19 hingga 77 persen dalam enam pekan terakhir. Selain itu, angka kematian rata-rata masyarakat di seluruh dunia juga sudah turun sebanyak 20 persen. Tak lupa, saat ini program Vaksinasi Nasional dari Kemenkes RI sedang berlangsung dan diharapkan bisa tersebar merata di seluruh lapisan masyarakat. Alih-alih cemas berlebihan, yuk kita lakukan sesuatu untuk melindungi diri sendiri dan keluarga. Caranya gampang banget. Mulai dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan WHO, seperti mencuci tangan dengan benar, memakai masker, tidak menyentuh wajah, menjaga jarak dengan orang lain, dan bila mem

BERSYUKUR DAN BERDAMAI DENGAN RAMADAN DI TENGAH PANDEMI

Kamu tahu, apa yang membuat Ramadan sangat dirindukan? jawabannya adalah tentang momen-momen istimewa yang terjadi bagi kita umat muslim di berbagai belahan dunia. Selalu ada euforia yang memenuhi relung hati di waktu sahur dan berbuka puasa. Baik bersama keluarga ataupun teman-teman. Selalu ada suasana syahdu ketika menghadiri shalat berjamaah, mendengar ceramah, menonton kultum, dan menghadiri majelis-majelis yang membersihkan hati nurani dari sifat seperti rasa dengki, iri hati, dan kebencian. Selalu ada menu-menu makanan yang selama ini dinanti-nanti dan setiap gigitannya membangkitkan memori yang membersamainya. Selalu ada jutaan kebaikan dengan niat tulus dari siapapun dan untuk siapa pun. Barangkali Tuhan ingin kita menjalankan Ramadan dengan khusyuk, tanpa ada janji buka puasa bersama 30 hari berturut-turut yang membuat lalai sholat Magrib. Tanpa ada aktivitas berkeliaran di jalanan ketika matahari baru beranjak terbit yang tak jarang berujung pada kecelakaan-kecelaka